Muawanah, Shofiatul (2011) Pengaruh saluran Distribusi dan Bauran Promosi terhadap peningkatan Volume Penjualan kripik buah di Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di era globalisasi ini keadaan pasar semakin global dan persaingan semakin ketat, perusahaaan dituntut untuk dapat memenangkan persaingan agar tetap hidup. Setiap produsen akan dihadapkan pada semakin jauhnya jarak dengan konsumen karena perluasan pasar dan semakin tajamnya pesaingan terutama antara perusahaan yang lebih besar dengan industri rumah tangga yang menghasilkan produk yang sejenis dimana perusahaan- perusahaan yang lebih besar tersebut lebih banyak menggunakan teknologi yang lebih modern dan canggih.
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi dan bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan kripik buah dikota Batu baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksplanatory (penelitian penjelasan) yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 8 responden.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan SPSS for windows versi 17. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis menggunakan uji F dan t, untuk menganalisis data digunakan uji regresi linier berganda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). ada pengaruh antara saluran distribusi dan bauran promosi secara simultan dengan volume penjualan kripik buah di kota Batu dengan nilai R square sebesar 0,907, dan nilai F hitung 24,325 > F tabel
13.27. Saluran distribusi dan bauran promosi mempunyai peranan yang sangat penting apabila produk dan harga telah ditetapkan secara tepat oleh perusahaan. Bila perusahaan dapat menentukan saluran distribusi dan promosi dengan tepat maka arus barang dari produsen sampai ke tangan konsumen dengan tepat pula. (2) secara parsial variabel saluran distribusi berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan dengan nilai T hitung X1=6,808 > T tabel 2.3646. Saluran distribusi yang tepat, akan memudahkan produk didapat oleh konsumen. Home industry di Batu sebagian besar terletak di daerah yang mudah dijangkau oleh konsumen, selain itu juga menitipkan ke toko-toko yang ada di daerah wisata. (3) Sedangkan secara parsial variabel bauran promosi berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan dengan nilai T hitung X2 = , 3,667 > T tabel 2.3646. Bila perusahaan menentukan bauran promosi dengan tepat, maka konsumen akan lebih mengenal serta mendapat informasi yang benar tentang produk yang ditawarkan. Home industry di Batu mayoritas menggunakan pemasaran dari mulut ke mulut karena adanya kendala biaya.
ABSTRACT
In this era of globalization increasingly global market conditions and competition getting tougher, companies are required to be able to win the competition in order to stay alive. Each producer will be faced with increasing distance to the consumer because market expansion and the increasingly sharp competition, especially among larger companies with home industries that produce similar products in which firms are larger are more likely to use more modern technology and sophisticated.
The purpose of this research was to determine Influence of distribution channels and promotional mix to increased sales volume fruit chips in the Batu city simultaneously as well as partial. This type of research is quantitative with approach eksplanatory (research description) using a questionnaire as a data collection tool that is spread to eight respondents.
The data obtained were analyzed using multiple regression with SPSS for Windows version 17. Test equipment used to test the research instrument in the form of test validity and reliability, hypothesis testing using the F test and t, to analyze the test data used multiple linear regression.
The results showed that: (1). there is influence between the channels of distribution and the promotion mix simultaneously with a sales volume of fruit chips in Batu city with R square value of 0.907, 24.325 and the value of F calculated> F table 13:27. Distribution channels and promotional mix has a very important role if the product and the price has been set appropriately by the company. If the company can determine the distribution and promotion channels with the appropriate then the flow of goods from producer to consumer with the right time. (2) partial variable distribution channels affect the increased volume of sales with a value of T compute X1 = 6.808> T table 2.3646. Appropriate distribution channels, will facilitate the product obtained by the consumer. Home industry in Batu city predominantly located in areas easily accessible by consumers, but it also sent to shops in tourist areas. (3) While the partial promotion mix variables affect the increased volume of sales with a value of X2 = T count, 3.667> T table 2.3646. companies determine the right mix of promotion, then the consumer will be more familiar with and get correct information about the products offered. Home industry in the town of Batu majority use word of mouth marketing because of cost constraints.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Saluran Distribusi; Bauran Promosi; Volume Penjualan Distribution Channels; Promotion Mix; Sales Volume | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:50 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46713 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |