Azizah, Sri Mega Lailatul (2011) Pengaruh perilaku Guru dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dan fungsi pendidikan seperti yang tercantum dalam UUD SISDIKNAS Bab II Pasal 3 yaitu pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis seta bertanggung jawab. Dilihat dari tujuan dan fungsi pendidikan maka pendidikan merupakan hal utama karena dapat membawa dampak yang besar terhadap kemajuan peradaban bangsa. Dengan demikian pendidikan harus dikelola secara professional, sehingga dapat memberikan hasil lulusan yang berkualitas, ukuran keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari seberapa tinggi prestasi yang diperoleh siswa dalam belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor dari luar siswa (ekstern) dan faktor dari dalam diri siswa (intern).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perilaku guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perilaku guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Turen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (penelitian menjelaskan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Dalam penelitian ini instrument utama yang digunakan adalah angket untuk mengungkap perilaku guru dan motivasi belajar yang dipersiapkan untuk siswa dan dokumentasi untuk mengungkap data prestasi belajar siswa. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian yang di dapat bahwa: (1) ada pengaruh yang positif signifikan antara variable perilaku guru tehadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP 2 Turen, ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,709 > ttabel = 1,997. (2) ada pengaruh yang positif signifikan antara variable motivasi belajar tehadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP 2 Turen, ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,662 > ttabel = 1,997. (3) ada pengaruh yang positif signifikan antara variable perilaku guru dan motivasi belajar tehadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP 2 Turen, ditunjukkan dengan nilai thitung = 8,593 > ttabel = 3,138. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi semua pihak yang terkait dapat menjadikannya sebagai masukan dan sumber-sumber informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
ABSTRACT
The purpose and function of education as stated in the UUD SISDIKNAS Chapter II Article 3 of the national education serves to develop skills and character forming and great civilzation within the framework of the intellectual life of the nation. Aiming for the development of students' potentials to become a man of faith and devoted to God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, skilled, creative, independent, and become citizens of a democratic responsible. Viewed from the purpose and function of education then the education is the main thing because it can bring an enormous impact on the progress of civilization. Thus, education must be managed professionally, so as to give the graduates a quality, size of student success in learning can be seen from how high achievements of students in learning. Learning achievement can be influenced by two factors: external factors, student (external) and factors of the student (internal).
The purpose of this study was to determine whether there is influence of teacher behavior on student achievement at the eighth grade Integrated Social Science subjects in the Junior high school 2 Turen, to determine the presence or absence of motivation to student achievement of class VIII on Integrated Social Science subjects in Junior High Schools 2 Turen, and to determine whether there is influence of teacher behavior and motivation toward learning achievement at the class VIII Integrated Social Science subjects in Junior High Schools 2 Turen.
This type of research used in this research is quantitative research with an explanatory approach (research reveals) is research that explains the causal relationship between the variables of research by testing the hypothesis that has been formulated previously. In this study, the main instrument used was a questionnaire to reveal the behavior of teachers and learning motivation and documentation prepared for the students to uncover the student achievement data. The data analysis used were multiple linear regression analysis.
The results are in to that: (1) there is a significant positive effect between teacher behavior variables tehadap class VIII student achievement SMP 2 Turen, indicated by the value t count = 3.709 > t table = 1.997. (2) there is a significant positive influence between variable of motivation to learn tehadap class VIII student achievement SMP 2 Turen, indicated by the value t count = 2.662 > t table = 1.997. (3) there is a significant positive effect between the variable behavior of teachers and learning motivation tehadap class VIII student achievement SMP 2 Turen, indicated by the value t count = 8.593 > t table = 3.138. From the results of this research is expected for all parties concerned can make it as inputs and sources of useful information in order to improve the quality of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh Perilaku Guru; Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Influence of Teacher Behavior; Motivation and Learning Achievement Study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:50 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46712 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |