Yusro, Mohammad (2011) Pengaruh Interaksi belajar mengajar dan Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130043.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan salah satu ukuran yang sering dipergunakan dalam menentukan efektivitas interaksi belajar mengajar. Pada dasarnya keberhasilan interaksi belajar mengajar tergantung kepada cara murid belajar, sehingga prestasi belajar yang diinginkan akan tercapai. Maka dalam interaksi tersebut diperlukan sikap saling mempercayai dan motivasi belajar siswa. Belajar merupakan proses aktif, karena belajar akan berhasil jika dilakukan secara rutin dan sistematis. Ciri dari suatu pelajaran yang berhasil, salah satunya dapat dilihat dari kadar belajar siswa atau motivasi belajar, makin tinggi motivasi belajar siswa maka makin tinggi peluang pengejarannya.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh signifikan interaksi belajar mengajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Batu?, (2) Adakah pengaruh signifikan motivasi belajar siswa secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Batu?, (3) Adakah pengaruh signifikan interaksi belajar mengajar dan motivasi belajar siswa secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 02 Batu?
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kuantitatif eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 02 Batu Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 228 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel 35 siswa dari 228 populasi penelitian. Terdapat tiga variabel yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu interaksi belajar mengajar, motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan teknik regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara interaksi belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi secara parsial, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi secara parsial, (3) Ada pengaruh yang signifikan antara interaksi belajar mengajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Miftahusyai'an, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Interaksi; Motivasi; Prestasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:31 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46688 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |