Khoiron, Muhammad Yasyfi (2011) Strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa di MTsN Plandi Diwek Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tugas utama guru adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. Salah satu kemampuan yang sangat penting adalah kemampuan dalam mengelola kelas. Pengelolaan kelas merupakan tingkah laku yang komplek dan para guru menggunakannya untuk meningkatkan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan secara efisien. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian tentang Strategi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTsN Plandi Diwek Jombang.
Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan: 1.) Untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Plandi Diwek Jombang; 2) Untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang mendukung dan menghambat strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar di MTsN Plandi Diwek Jombang. Agar tujuan tersebut tercapai, maka peneliti menggunakan pendekatan literatur dan kajian empiris/penelitian lapangan. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, dimana data yang telah dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas sesuai dengan proses yang terjadi di lapangan. Adapun yang menjadi subyek penelitian skripsi ini adalah: kepsek, guru, perwakilan siswa serta informan lain yang terkait dengan masalah yang dibahas. Penelitian metode kualitatif dengan jenis studi kasus ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). strategi-strategi yang dilakukan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN Plandi Diwek Jombang yaitu dengan menggunakan strategi preventif dan kuratif, 2). Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah : a) Faktor pendukung : 1. Fasilitas, 2. Siswa, 3. Guru , 4. Lingkungan; b). Faktor penghambat : 1. Guru, 2. Siswa, 3. Fasilitas,
Dengan adanya strategi pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru, maka proses belajar mengajar akan kondusif dan siswa akan lebih termotivasi untuk belajar. Suasana kelas juga menjadi menyenangkan, sehingga materi yang disampaikan menjadi menarik dan tidak membosankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:31 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46686 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |