Jailani, Abd. Kadir (2011) Penerapan metode Everyone is Teacher Here dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sosiologi kelas X-7 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130034.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan belajar mengajar, metode menempati peranan yang tidak kalah pentingnya dari komponen lainya dalam kegiatan belajar mengajar. Metode merupakan salah satu alat untuk memotivasi dan sebagai alat untuk mencapai tujuan dalam pengajaran.
Metode mengajar adalah salah satu pengetahuan tentang cara – cara mengajar yang digunakan oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian lain dari metode mengajar adalah teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk digunakan dalam mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual atau secara kelompok, agar pelajaran itu dapat diserap, di pahami dan di manfaatkan oleh siswa dengan baik. Semakin baik metode mengajar, makin efektif pula penyampaian tujuan.( J. R. David: 1976).
Metode everyone is a teacher here adalah salah satu metode dalam model pembelajaran aktif (active learning). Metode pembelajaran Everyone is a teacher here adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta
peserta didik untuk semuanya berperan menjadi narasumber terhadap semua temannya di kelas belajar.
Metode ini merupakan sebuah metode yang mudah, guna memperoleh partisipasi kelas secara keseluruhan dan tanggung jawab secara individu. Strategi ini memberikan kesempatan pada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai seorang “pengajar” terhadap peserta didik lain. Dengan metode ini, peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif.
Penerapan metode everyone is teacher here pada pelajaran Sosiologi diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan antusiasme dalam diri siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Malang ini, Pembelajran everyone is a teacher here (semua orang adalah guru) ini membuat peserta didik dapat belajar dengan mudah, menyenangkan
dan dapat tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi, untuk mengembangkan Interaksi pembelajaran siswa dilakukan dengan siswa menulis pertanyaan di kartu index dan mempersiapkan jawabannya, dan berkomunikasi karena dengan berkomunikasi pembelajaran dititikberatkan pada hubungan antar individu dan sumber belajar yang lain dan berorientasi pada kemampuan individu untuk berhubungan dengan sumber belajar tersebut. Tehnik pembelajaran ini memotivasi semua siswa untuk aktif dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengajar temannya dan mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang sama, serta dapat membuat pertanyaan dan mengemukakan pendapat, sehingga diharapkan pengetahuan yang di dapatkan oleh siswa menjadi bermanfaat dalam kehidupan siswa.
Berdasrkan uraian diatas, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah tentang penerapan metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran sosiologi dikelas X-7 di SMA Negeri 1 Malang.
Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode everyone is teacher here ini di kelas X-7
SMA Negeri 1 Malang ini, dengan harapan siswa – siswa kelas X-7 bisa menumbuhkan motivasi dan antusiasme dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Sosiologi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan menerapkan tiga siklus yang bisa dilihat dari keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran. Adapun rata-rata siswa pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 51,5 , pada siklus II nilai rata-ratanya lebih meningkat menjadi 74 dan pada siklus III nilai rta-rata kelasnya tersebut semakin meningkat menjadi 107,4.
Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode belajar Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar terutama terhadap mata pelajaran sosiologi kelas X-7 SMA Negeri 1 Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni'matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Everyone is teacher here; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 15:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46685 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |