Istiqomah, Nurul (2011) Pengaruh layanan Koperasi sekolah terhadap Partisipasi siswa di Koperasi sekolah: Studi kasus pada siswa kelas X MAN 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130033.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Banyaknya koperasi yang perkembangannya hanya berjalan ditempat bahkan ada yang sampai gulung tikar disebabkan kurangnya partisipasi dari anggotanya.Kurangnya partisipasi dari anggota dikarenakan kurangnya pembelajaran akan koperasi yang dimiliki anggota. Koperasi disekolah merupakan salah satu bagian yang penting dalam proses belajar mengajar disebuah lembaga pendidikan formal, khususnya berkaitan dengan pelajaran ekonomi. Dengan adanya koperasi sekolah, diharapkan para siswa dapat berperan aktif dan ikut berpartisipasi dalam perjalanan koperasi sekolah.Terkadang pengelolaan yang di jalankan di koperasi sekolah masih belum professional.Hal ini menimbulkan pemahaman yang kurang baik pada diri siswa akan koperasi.
Pelayanan usaha koperasi yang baik dengan mempertimbangkan kualitas atau mutu dari layanan, akan berpengaruh besar terhadap partisipasi siswa sebagai konsumen utama. Koperasi sekolah MAN 3 Malang merupakan bentuk fasilitas belajar siswa dalam berkoperasi.Dengan fasilitas berupa gedung yang cukup besar dibandingkan koperasi sekolah lainnya dan tempatnya yang berada di pinggir jalan merupakan salah satu bentuk layanan yang tidak dimiliki sekolah lainnya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya layanan usaha koperasi yang ada di MAN 3 Malang menurut penilaian siswa, untuk mengetahui besarnya partisipasi siswa dalam mengembangkan usaha koperasi sekolah, serta mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan usaha koperasi terhadap partisipasi siswa.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kuantitatif berjenis deskriptif korela.Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi.Sedangkan analisa data yang diggunakan menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya layanan usaha koperasi MAN 3 Malang menurut penilaian siswa dapat dikatakan sudah cukup baik, terbukti dari hasil yang di peroleh yakni sebesar 29 siswa (50,9%)menyatakan layanan koperasi sekolah cukup baik.Sedangkan besarnya partisipasi siswa di peroleh sebesar 27 siswa (47,3%) yang cukup aktif berpartisipasi pada koperasi sekolah, dan secara parsial layanan usaha berpengaruh terhadap partisipasi siswa, terbukti dengan adanya t. hitung sebesar 3,342 lebih besar dari t. table sebesar 2,003, sedangkan secara simultan ada berpengaruh positif, hasil analisis menunjukkan besaran signifikansi sebesar 0,002.
ABSTRACT
The number of cooperatives whose development is just running in place and some even up bankrupt due to lack of participation from its members. Lack of participation of members due to the lack of cooperative learning will be owned by members. Cooperative School is one important part in teaching and learning in a formal educational institutions, especially with regard to economics class. With the cooperative school, students are expected to play an active role and able to participate in the cooperative school trip. Sometimes that is run on cooperative management of schools are still not professional. This has led to poor understanding on students will be cooperative.
Cooperative effort of good service considering the quality or the quality of service, will significantly affect the participation of students as primary consumers. MAN 3 Malang cooperative school is a form of student learning in a cooperative facility. With facilities in the form of the building is quite large compared to other schools and cooperative place in the side of the road is one form of service that is not owned by any other school.
The research was conducted to determine the magnitude of the cooperative efforts of existing services in the MAN 3 Malang according to student assessment, to determine the amount of student participation in cooperative efforts to develop the school, as well as determine whether there is influence of the business services cooperatives to student participation.
Research by the author is included in the quantitative research as descriptive korela. The method used in this study in the form of questionnaires and documentation. While the analysis used data using simple linear regression analysis.
The results showed that the magnitude of the business services cooperatives of MAN 3 Malang by students value can be said is pretty good, as evidenced from the results obtained by 29 students (50.9%) stated that the service cooperatives school is pretty good. While the amount of student participation is obtained by 27 students (47.3%) is quite actively involved in school and partially cooperative business services influence the participation of students, as evidenced by the t. Count of 3.342 is greater than t.tabel at 2, 003 while simultaneously there is a positive influence, the analysis showed a significance of 0.002 magnitude.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Effendi, Evi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Layanan Koperasi; Partisipasi Siswa Cooperative Services; Student Participation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:31 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46684 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |