Irawati, Siska Rahayu (2010) Pengaruh Kompetensi Guru IPS terhadap Motivasi dan prestasi belajar Ekonomi siswa jurusan IPS kelas XI di MAN II Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130032.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam penyelenggaraan pendidikan guru adalah salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut, oleh sebab itu guru harus memiliki kompetensi untuk mengorganisasikan ide-ide yang dikembangkan dikalangan peserta didiknya, baik itu kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan pribadi, dengan kemampuan yang dimiliki maka siswa akan termotivasi untuk belajar lebih baik sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN II Malang, untuk menjelaskan (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MAN II Malang, serta untuk menjelaskan (3)pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MAN II Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan PATH ANALISIS yaitu penelitian untuk melihat akibat langsung dan tidak langsungdari suatu variable yang dihipotesiskan sebagai penyebab dan variable yang yang diperlakukan sebagi akibat. Adapun data yang digunakan adalah analisis path analisia (analisis jalur).
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya: (1) Ada pengaruh yang positifsignifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN II MALANG R Square sebesar 0,200. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar adalah sebesar 20% sedang sisanya 80% dipengaruhi oleh faktor lain, yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian.(2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar sebesar 89,4% (3) Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 17,88%
ABSTRACT
In the organization of teacher education is one of the factors that determine the success of the teaching-learning process, therefore the teacher must have the competence to organize the ideas developed among the participant students, be it professional competence, pedagogic, social, and personal, with the capabilities of the then students will be motivated to learn to be better indicators of achievement of educational goals that include increased student achievement.
The purpose of this study was to describe (1) the influence of teacher competence on student achievement motivation and economic subjects on students' class XI IPS MAN II Malang, to explain (2) the influence of motivation on student achievement of economic subjects in class XI IPS students MAN II Malang, as well as to explain (3) the influence of teacher competence and motivation of student achievement eye economic lessons in class XI IPS MAN II Malang. The research approach used in this study was a quantitative research approach PATH ANALYSIS is a study to see the immediate result and no langsungdari a variable that is hypothesized as a cause and a variable that is treated as a result.
The data used is analisia path analysis (path analysis) The results obtained Praise be to Allaah: (1) There positifsignifikan influence of teacher competence on student achievement MAN II class XI IPS MALANG R Square of 0.200. Can be concluded that the influence of teacher competence on motivation to learn is by 20% while the rest 80% influenced by other factors, which can not be described in the study. (2) the influence of motivation on the learning achievement of 89.4% (3) the influence of teacher competence on student achievement through motivation to learn by 17.88%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Teachers; Learning Motivation; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:32 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46676 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |