Yuliana, Yuliana (2007) Manajemen pembelajaran di TK Alif Kids Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02110172.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (912kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan bagi anak usia dini sekarang tengah marak-maraknya. Dimana- mana orang tua merasakan pentingnya mendidik anak melalui lembaga persekolahan yang ada. Mereka pun berlomba untuk memberikan anak-anak mereka pelayanan pendidikan yang baik. Taman kanak-kanak pun berdiri dengan berbagai rupa, di kota hingga ke desa. Jadi dengan demikian, manajemen pembelajaran di taman kanak-kanak harus di kelola dengan baik agar menghasilkan anak didik yang berkualitas.
Pembelajaran merupakan jantung dari proses pendidikan dalam suatu institusi Pendidikan. Untuk itulah diperlukan perencanaan pembelajaran yang sistematis agar proses belajar mengajar di kelas dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga memperoleh hasil yang baik pula.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Taman Kanak- Kanak Alif Kids Malang, bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru taman kanak-kanak Alif Kids Malang, bagaimana penilaian yang dilakukan oleh guru Taman Kanak-Kanak Alif Kids malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif kualitatif, yakni suatu tehnik yang menggambarkan dan menginterpretasikan arti data-data yang telah terkumpul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: Perencanaan pembelajaran yang dilakukan di TK Alif Kids di nilai sudah baik. Karena memakai acuan kurikulum 2004 dengan benar dan cermat. Perencanaan tahunan ataupun semesteran memang sudah ditentukan dari pusat akan tetapi program kegiatannya disusun oleh guru TK Alif Kids sendiri. Dan ini sudah dilakukan dengan perencanaan yang matang dan disesuaikan dengan perkembangan anak didiknya. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di TK Alif Kids sudah berjalan dengan lancar, namun ada beberapa hambatan-hambatan yang harus diatasi yaitu kurangnya fasilitas dan alat-alat peraga dalam pembelajaran. Penilaian yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan murid sudah dilaksanakan dengan baik, sehingga dalam satu semester hasil pembelajaran dapat dilihat oleh wali murid berupa rapor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen; Pembelajaran; Taman Kanak-Kanak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46675 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |