Khalisa, Khalisa (2012) Persepsi siswa tentang kinerja guru IPS kelas VIII SMPN 1 Lenteng Sumenep Madura Tahun 2011/2012. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
08130042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran akan lebih bermakna bila terdapat ikatan emosional yang kuat antara guru dan siswa. Kondisi ini akan berbentuk bilamana guru mampu menunjukkan kinerja unggul dalam setiap pembelajaran seperti dalam penguasaan materi, penyusunan bahan ajar dan lainnya. Kedua indikator kinerja guru diatas akan membentuk persepsi siswa terhadap kinerja guru. Semakin siswa mempunyai persepsi positif terhadap kinerja guru proses pembelajaran akan semakin bermakna, sebaliknya jika siswa memiliki persepsi negatif, maka proses pembelajaran akan berjalan sia-sia. Untuk itu penelitian ini ingin mengungkapkan persepsi siswa tentang kinerja guru IPS kelas VIII SMPN 1 Lenteng yang lokasi penelitiannya di Lenteng yang mempunyai nilai akreditasi A yang memiliki visi unggul dalam prestasi dan berkepribadian yang berkualitas, terdepan dalam inovasi dan maju dalam kreasi untuk memajukan kinerja guru khususnya dalam bidang IPS.
Bedasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang ingin diangkat yaitu persepsi siswa tentang kinerja guru IPS terkait dengan penguasaan bahan pembelajaran kelas VIII SMPN 1 Lenteng Sumenep Madura tahun 2011/2012 dan persespi siswa tentang kinerja guru IPS terkait dengan penyusunan program pembelajaran kelas VIII SMPN 1
Lenteng Sumenep Madura tahun 2011/2012.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian kualitatif deskriptif ini adalah wawancara atau angket yang digunakan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kinerja guru IPS kelas VIII SMPN 1 Lenteng Sumenep Madura tahun 2011/2012. Dalam penelitian ini adalah menggunakan analisi kualitatif dengan menggunakan rumus prosentase :
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kinerja guru terkait dengan penguasaan bahan pembelajaran yang salah satu indikatornya yaitu, guru menyusun materi dengan baik sebagian besar responden menjawab 78%. Sedangkan persepsi siswa tentang kinerja guru IPS terkait dengan penyusunan program pembelajaran yang salah satu indikator yaitu, tujuan pembelajaran sebagian besar responden menjawab 58%. Pengaturan materi responden menjawab 45%. Penggunaan metode yang menyenangkan responden menjawab sebesar 45%. Guru IPS di sekolah SMPN 1 Lenteng sudah bisa dikatakan professional dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abubakar, Istianah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi Siswa; Kinerja Guru IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:32 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46660 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |