Prasetya, Harwin (2011) Pengaruh materi Pembelajaran Sosiologi terhadap perubahan tingkah laku siswa di SMA Negeri 1 Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran sosiologi mempunyai arti dan peranan penting dalam membentuk tingkah laku siswa seutuhnya. Sebab dengan pembelajaran sosiologi ini yang mengarah pada interaksi dan norma sosial ini siswa tidak diarahkan kepada pencapaian kebahagiaan hidup di dunia saja, tetapi juga untuk kebahagiaan hidup di akhirat. Dengan pembelajaran sosiologi siswa diarahkan mencapai keseimbangan antara kemajuan lahiriah dan batiniah, keselarasan hubungan antara manusia dalam lingkup sosial masyarakat dan lingkungannya juga hubungan manusia dengan Tuhannya.
Perubahan tingkah laku yang dialami siswa dipengaruhi oleh ketiga factor yaitu faktor yang diperoleh dari dalam diri siswa itu sendiri, faktor yang diperoleh dari luar siswa dan faktor yang diperoleh dari lingkungan siswa tersebut. Maka hubungan antara faktor yang satu dengan faktor yang lain sangatlah mempengaruhi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelaksanaan pembelajaran sosiologi terhadap perubahan tingkah laku siswa di SMA Negeri 1 Patianrowo Kabupaten Nganjuk.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrumen yang digunakan untuk angket pembelajaran sosiologi dan tingkah laku adalah angket yang terstruktur. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini adalah variabel pembelajaran sosiologi berpengaruh signifikan terhadap tingkah laku siswa. Hal tersebut dapat diperoleh persamaan Y = 31.954+ 0,520X dengan t.hitung (4,190) ≥ t.tabel (2,015) dan nilai signifikansikannya 0,000 < 0,05. Jadi, Ho (ditolak) secara parsial X (Pembelajaran Sosiologi) berpengaruh signifikan terhadap Y (Tingkah Laku Siswa) serta diperoleh F.hitung (17,558) > Ftabel (4,061) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Maka Ho (ditolak) secara simultan X ( Sosiologi ) berpengaruh signifikan terhadap Y (Tingkah Laku). Maka kesimpulannya secara parsial dan simultan pembelajaran sosiologi berpengaruh signifikan terhadap perubahan tingkah laku siswa di SMA Negeri 1 Patianrowo Kabupaten Nganjuk.
ABSTRACT
Learning the meaning and sociology have an important role in shaping students behavior completely. Because with this sociology of learning that leads to interaction and social norms of these students are not directed towards the attainment of happiness on earth, but also for happiness in the afterlife.With a sociology student learning is directed to achieve a balance between outward and inward progress, harmony within the scope of the relationship betwen human society and its environment is also man s relationship with Lord.
Behavioral changes experienced by students is influenced by three factors: factors derived from within the students themselves, a factor which is obtained from outside the student and environmental factors obtained from these students.
Then the relationship between a single factor with another factor that is affecting. The purpose of this study was to determine whether there is influence of the implementation of the sociology of learning to changes in student behavior in SMA Negeri 1 Patianrowo Nganjuk.
This type of research used in this research is quantitative research with explanatory approach. The sampling technique used was simple random technique ( simple random sampling ). The instrument used for learning questionnaire sociology and behavior is a structured questionnaire. The analysis of the data used is a simple regression analysis.
The results of this research is the sociology of learning variables significantly influence the behavior of students. This can be obtained by the equation Y = 31.954 + 0.520 X with taritmetic (4.190) t.tabel (2.015) and 0.000 significance value < 0.05. Thus, Ho (denied) is partially X (Learning Sociology) significant effect on Y (Student Conduct) and obtained F.aritmetic (17.558) > F.tabel (4.061) and 0.000 significance value < 0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Miftahusyai'an, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Sosiologi; Tingkah Laku Education Sociology; Behavior | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:32 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46656 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |