Rahmawati, Novi Dwi (2011) Pengaruh tingkat Intelegensi dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas XI JURUSAN IPS di SMAN 02 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07130026.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Fokus kajian dari penelitian yang peneliti lakukan adalah pengaruh tingkat intelegensi dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Dengan objek penelitian pada siswa kelas XI Jurusan IPS di SMAN 02 Batu. Sedangkan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat intelegensi, lingkungan sekolah, dan prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan IPS pada mata pelajaran ekonomi dan juga untuk mengetahui adanya pengaruh secara satu pihak (parsial) antara variabel tingkat intelegensi (X1) terhadap variabel prestasi belajar (Y), dan variabel lingkungan sekolah (X2) terhadap variabel prestasi belajar (Y), yang terakhir pengaruh secara dua pihak (simultan) antara variabel tingkat intelegensi (X1) dan lingkungan sekolah (X2) terhadap prestasi belajar (Y).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantatif. Jenis penelitian ini adalah Korelasional. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, daan analisis regresi linear berganda yakni uji F (simultan) untuk mengetahui pengaruh secara serentak dan uji t untuk mengetahui secara parsial atau masing-masing variabel bebas terhadap varaiabel terikat. Dalam memperoleh data dilakukan dengan cara kuesioner yaitu merupakan daftar pertanyaan yang disusun untuk diajukan kepada responden untuk dijawab dan dokumentasi merupakan cara untuk mendapatkan nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, di sini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data dengan menggunakan prosentase.
Hasil dari peneletian yang dilakukan penulis dapat disampaikan pada uji secara parsial maupun simultan variabel tingkat intelegensi (X1) dan lingkungan sekolah (X2) tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar (Y) mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI Jurusan IPS. Dalam pembahasan skripsi ini tidak adanya pengaruh tersebut kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran, kalaupun ada itu hanya sebagian siswa saja yang mengerti dan memahami pelajaran tersebut, atau ada variabel – variabel bebas lain yang bisa berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.
ABSTRACT
The focus of research studies is the influence level of intelligence and school environment on student achievement. The object of research is the class XI student at SMAN 02 IPS Batu. The purpose of this study is determining the level of intelligence, school environment, student achievement and class XI IPS Programs on economic subjects. Additionally, this aims to find out the influence of the (partial) between the variable levels of intelligence (X1) to variable learning achievement (Y), and school environment variables (X2) on learning achievement variable (Y), the latter influence the two parties (simultaneous) between the variable levels of intelligence (X1) and the school environment (X2) on learning achievement (Y).
The approach used in this study is quantitative. Type of this research is corelational. The methodology used in this study is to test validity, test reliability, test for normality, linearity test, passage and multiple linear regression analysis of the F test (simultaneous) to determine the effect of simultaneous and the t test to determine partial or each independent variable against dependent variable. The data is obtained by way of a questionnaire, which is a list of questions prepared to ask the respondent to be answered, and the documentation is a great way to get the student scores on economic subjects. In addition, to support the description of the actual situation in the field, here the authors include a table as a complement to the data by using percentages.
The results of the intensive search on the author show that in the test done partially or simultaneously, the level of intelligence variables (X1) and the school environment (X2) have no effect on learning achievement (Y) economic subjects Programs IPS Class XI students. In the absence of discussion of this thesis is the lack of attention to the influence of students in learning, even if there were only a few students who know and understand these lessons, or there is a variable - the other independent variables that can affect learning achievement on economic subjects.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tingkat Intelegensi; Lingkungan Sekolah; Prestasi Belajar Rate Intelligence; School Environment; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:33 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46640 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |