Wibowo, Dudung Ari (2013) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menunjang Keberhasilan Belajar IPS Di SMPN 2 Nguling. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130055 - full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Pendidikan sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, maka dari itu pendidikan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan tuntunan masyarakat. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka kita tidak dapat bertumpu pada program persekolahan, yang semata-mata hanya mengandalkan pada kegiatan kurikuler atau proses belajar mengajar di dalam kelas saja, melainkan juga harus lebih dari itu, yaitu program ekstrakurikuler.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam menunjang keberhasilan belajar IPS di SMPN 2 Nguling kabupaten Pasuruan. Permasalahan yang diambil adalah bagaimana penerapan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka? Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka? dan bagaimana keberhasilan belajar IPS dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka? Adapun sasaran penelitian ini adalah diharapkan agar kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dapat menunjang keberhasilan belajar IPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dengan proses triangulasi yakni wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Nguling adalah dapat membantu menunjang keberhasilan belajar sekolah khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ). Hal ini didasarkan pada banyaknya kegiatan latihan ekstrakurikuler Pramuka yang selalu menekankan pada setiap kedisiplinan, jiwa sosial yang tinggi dan penuh tanggung jawab, sehingga para anggota bisa terbiasa dengan sikap yang seperti itu dalam setiap kegiatan, khususnya dalam kegiatan belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ).
Proses kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang dilaksanakan memiliki hubungan erat dengan keberhasilan belajar IPS, karena banyak sikap yang diperoleh dari kegiatan tersebut dan hal itu sangat berpengaruh dengan keberhasilan belajar IPS yang dicapai peserta didik. Untuk mengoptimalkan hal tersebut maka diharapkan adanya kerjasama antara pihak sekolah, guru, pembina dan peserta didik.
Education is very important and can not be separated from the life of society, and therefore education should be appropriate to the needs of the community and guidance. To achieve these educational goals, then we can not rely on schooling program, which solely rely on curricular or teaching and learning process in the classroom, but also to be more than that, the extracurricular programs.
This research aims to determine the application of extracurricular activities to support learning success Scout IPS in SMP 2 Nguling Pasuruan district. The problem is how the application is taken Scouts extracurricular activities? How scouts evaluate extracurricular activities? and how the success of social studies in extracurricular activities Scouts? The goal of this research is expected that extracurricular activities can support the success of Scouts learn Social Sciences (IPS).
The method used in this research is descriptive qualitative approach method by using this type of field study (field research). Data collection methods used by the triangulation process interview, observation and documentation. While data analysis is data reduction, data display and conclusion drawing / verification.
The results explain that the Boy Scouts extracurricular activities in SMP Negeri 2 Nguling is able to help support the school learning success particularly in the subjects of Social Sciences (IPS). This is based on the amount of exercise extracurricular activities that Scouting has always emphasized on every discipline, high social life and full responsibility, so that the members can be used with an attitude like that in every activity, especially in learning the subjects of Social Sciences (IPS).
Scout processes extracurricular activities implemented has strong links with the success of social studies, because a lot of attitude gained from these activities and it was very influential to the success achieved social studies the students. To optimize this, it is expected the cooperation between the schools, teachers, coaches and students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Ekstrakurikuler Pramuka; Keberhasilan Belajar. Implementation; Extracurricular Scouts; Successful Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:33 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46632 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |