Roziq, M. Fatichur (2013) Profesioanalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Di MAN Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130053.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Langkah pemerintah untuk menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas dan berkompetensi tidak lain adanya campur tangan seorang guru yang profesional. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal. Pada dasarnya setiap guru harus mempunyai kemampuan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan proses pembelajaran sebaik-baiknya untuk anak didiknya. Kemampuan ini selanjutnya menjadi ciri khas yang dimiliki oleh guru dalam pandangan anak didik. Guru yang satu dengan guru yang lainnya tentunya sangat berbeda sehingga hasil prosesnya juga berbeda- beda. Secara kuantitas, dalam kemajuan pendidikan kita sudah cukup menggembirakan, namun secara kualitas perkembangannya masih belum merata. Idealnya, negara harus mempunyai banyak sekolah yang berkualitas supaya dapat menjadikan lulusan yang berkualitas tinggi
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti tertarik untuk mengetahui Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pemebelajaran Ekonomi yaitu dengan mengambil judul: Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di MAN Tambakberas Jombang. Terkait dengan hal tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana profesionalisme guru ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang?, 2). Apakah profesionalisme guru ekonomi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang?. 3). Bagaimana upaya profesionalisme guru ekonomi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang. Adapun penulisan skripsi ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang. 2). Untuk mengetahui apakah profesionalisme guru ekonomi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang. 3). Untuk mengetahui bagaimana upaya profesionalisme guru ekonomi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang.
Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang menunjukkan bahwa profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas sudah baik, semua guru ekonomi mengajar pada mata pelajaran yang sesuai dengan bidang ahli yang dimilikinya dan telah memiliki kualifikasi pendidikan minimal S-1. Agar tercapainya proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien serta berkualitas, guru MAN Tambakberas dituntut memiliki kompetensi yang memadai (kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan yang terbaru adalah kompetensi kepemimpinan). Hal ini karena profesionalisme guru ekonomi mampu mempengaruhi kualitas pembelajaran peserta didiknya. Sedangkan salah satu upaya peningkatan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang adalah melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, sumua guru diharapkan mampu mengikuti loka karya maupun penataran, kemudian kepala sekolah juga selalu melakukan pengawasan kepada kinerja guru demi terjaganya dan meningkatnya profesionalisme guru di MAN Tambakberas.
Government measures to produce a young generations who have qualified and competent is the intervention of a professional teacher. Teachers are professional educators with the primary task of educating, teaching and guiding, directing, training, assessing and evaluating students in formal education. Basically every teacher must have the ability such that it can provide the possible learning process for their students. This capability further characterizes of teacher in the view students. One teacher with another teacher is different therefore the results process is different. In quantity, the advancement of education we are quite encouraging, however, the quality of the development is uneven. Ideally, the state should have a lot of quality schools in order make high quality graduates.
Based on the description above, the researcher is interest to know the Teacher Professionalism in Improving the Economics Instruction Quality with title: Teacher Professionalism for Increasing Economics Instruction Quality at MAN Tambakberas Jombang. Focus of the study is: 1). How economics teacher professionalism at MAN Tambakberas Jombang?, 2). Is economics teacher professionalism can increase the economics instruction quality at MAN Tambakberas Jombang?. 3). How economics teacher professionalism efforts can increase the economics instruction quality at MAN Tambakberas Jombang. Objectives of the study are: 1). To find out how economics teacher professionalism at MAN Tambakberas Jombang. 2). To find out Is economics teacher professionalism can increase the economics instruction quality at MAN Tambakberas Jombang. 3). How economics teacher professionalism efforts can increase the economics instruction quality at MAN Tambakberas Jombang.
According the type, this research uses a descriptive qualitative research by using the Techniques of data collection through: (1) observation, (2) interviews, (3) documentation.
Based on the research results obtained by researcher at MAN Tambakberas Jombang showed that teacher professionalism in MAN Tambakberas is good, all economics teachers teach on subjects in accordance with its expert field and have a minimum educational qualification S-1. In order to achieve the instruction process can be effectively, efficiently and quality, teachers MAN Tambakberas required sufficient competence (pedagogical, professional, personal, social, and leadership competency). The teacher professionalism is capable to influence the student learning quality of economics. While one of the efforts to increase the teachers professionalism at MAN Tambakberas Jombang are continuing their studies to a higher level, teachers are expected to follow workshops and courses, then the principal always monitoring the performance of teachers in order to keep and increase professionalism teacher at MAN Tambakberas Jombang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalisme; Guru; dan Kualitas Pembelajaran Professionalism; Teacher; and Instruction Quality | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:33 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46620 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |