Jannah, Aftikhatul (2012) Penerapan Multi metode (Drill, Picture and Picture, Word Square) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS terpadu (ekonomi) kelas VIII-F MTsN Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
08130037 full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara tingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan.Masalah belajar merupakan salah satu hal yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian yang lebih, sehingga masalah belajar ini harus diketahui oleh para pendidik, anak didik, orangtua murid dsb. Dalam pemilihan dan penggunaan metode harus mempertimbangkan aspek efektivitasnya dan relevansinya dengan materi yang disampaikan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi siswa setelah penerapan pembelajaran Multi Metode (Drill, picture and picture, word square) pada mata pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) dikelas kelas VIII MTsN Kota Blitar.
Metode Drill merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan- latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Metode Picture and picture adalah metode yang mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Metode Word square adalah model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan ditanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari tiga siklus yang diterapkan, dapat dilihat pada evaluasi nilai post test, rata-rata siswa mendapatkan nilai yang baik. Pada siklus 1 adalah 68,7, pada siklus II adalah 76,6, dan pada Ulangan harian adalah 91,9, prosentase peningkatan nilai siswa pada siklus I sebesar 25%, pada siklus II sebesar 39,3%, pada Ulangan harian sebesar 67,1%. Hal ini bararti siswa sudah semangat dalam belajar dan Multi Metode (drill, picture and pcture, word square) ini sudah berhasil.
Fungsi dari penelitian ini adalah sebagai konstribusi dalam meningkatkan motivasi siswa serta mempermudah para guru dalam menyampaikan materi IPS Terpadu (Ekonomi), khususnya untuk meningkatkan belajar.
ABSTRACT
Education can be defined as a process with certain methods that people acquire knowledge, understanding, and ways of behavior in accordance with certain methods that people acquire knowledge, understanding, and ways of behavior that fits your needs . Learning problems is one thing that is very important and need attention more, so the problem must be known by this study educators, students, parents, etc.. In the selection and use of the method must take into account the effectiveness and relevance to the material presented.
The focus of this study is how the learning motivation of students after the application of Multi-Method (Drill, picture and picture, word square) on the subjects of Integrated IPS (Economy) VIII –F classMTsNBlitar City.
Drill method is a way of teaching by providing exercises to what has been learned so that students acquire a certain skill. Picture and picture method is a method that relies on images as a media in the learning process. Word square method is a learning model that combines the ability to answer the question with foresight in matching answers in the answer boxes.
This study was a class act (PTK) using a qualitative descriptive approach. Collection methods were observation methods, interviews and documentation.
Of the three cycles are applied, can be seen in the post test evaluation, the average student getting good grades. At cycle 1 was 68.7, in the second cycle is
76.6, and the daily Deuteronomy is 91.9, the percentage increase in student scores
on the I cycle by 25%, in the second cycle of 39.3%, in Deuteronomy daily for 67
, 1%. This is the spirit mean students in learning and Multi Methods (drill, picture and picture, word square) has been successful.
The function of this study is as a contribution in improving student motivation and facilitate the teachers in presenting material Integrated IPS
(Economics), especially to increase learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Multi Metode (Drill, picture and picture, word square). Motivasi belajar IPS Terpadu (Ekonomi) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:34 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46619 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |