Musafaah, Musafaah (2007) Pendidikan kecakapan hidup: Studi kasus tentang upaya mewujudkan pendidikan kecakapan hidup di Panti Asuhan Sunan Kalijogo Kelurahan Tasikmadu kecamatan Lowokwaru kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
99110379.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (291kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Masa kecil seharusnya merupakan masa yang penuh kegembiraan dan keceriaan, dimana mereka dapat berkumpul dengan orang tua dan saudara- saudaranya. Masa dimana mereka memerlukan perhatian intensif baik untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan mentalnya.
Namun tidak semua anak terlahir dan dibesarkan dalam keluarga yang utuh dan bahagia. Tidak jarang karena kekurangmampuan orang tua atau karena kehilangan salah satu atau kedua orang tua, membuat sebagian anak tidak hanya kehilangan kasih sayang tetapi juga tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik. Selain itu tidak jarang anak-anak yatim, piatu dan yatim piatu tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan, baik formal maupun non formal.
Panti Asuhan sebagai lembaga sosial yang berfungsi memberi pelayanan pengganti orang tua bagi anak asuhnya diharapkan mampu menggambar anak asuh menjadi manusia yang berkualitas, sehat jasmani serta rohani. Berangkat dari latar belakang tersebut penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Pendidikan Kecakapan Hidup (Studi Tentang Upaya Mewujudkan Pendidikan Kecakapan Hidup di Panti Asuhan Sunan Kalijogo Lowokwaru Malang).
Tujuan dilakukannya pendidikan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan di Panti Asuhan dan kendala yang dihadapi serta upaya yang dilakukan dalam mewujudkan pendidikan kecakapan hidup (life skill education).
Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwa pelaksanaan pendidikan di Panti Asuhan telah memenuhi aspek-aspek life skill baik itu general life skill maupun spesifik life skill. Namun masih memerlukan perbaikan demi mencapai hasil yang maksimal agar nantinya anak asuh dapat benar-benar hidup mandiri serta siap menghadapi berbagai tantangan yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Kecakapan Hidup; Anak Asuh | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:42 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46598 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |