Responsive Banner

Korelasi antara pendidikan Pondok Pesantren dengan prestasi belajar santri di MTs An-Nur: Studi kasus di Pondok Pesantren An-Nur I Putra Bululawang Malang

Kusaini, Mokhamad (2007) Korelasi antara pendidikan Pondok Pesantren dengan prestasi belajar santri di MTs An-Nur: Studi kasus di Pondok Pesantren An-Nur I Putra Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Full text)
21942556.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan menjadi fitrah manusia, yang semakin hari semakin berkembang. Pondok pesantren sebagai sebuah lembaga pendidikan tertua di Indonesia kian hari juga kian modern dengan pembenahan dalam sistem dan metode pendidikan. Pondok pesantren juga merupakan lembaga pendidikan yang berakar kuat dalam sejarah perabadan bangsa Indonesia.

Sistem pendidikan Pondok pesantren sudah teruji berpuluh-puluh tahun mampu mencetak para cendekia miskin. Modernisasi dalam pendidikan pondok pesantren sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar santrinya di sekolah umum. Karena pesantren dengan sistem pendidikannya serta dukungan asrama mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Berangkat dari tersebut di atas dalam skripsi ini membahas tentang pendidikan pondok pesantren dan korelasinya dengan prestasi belajar di sekolah umum yaitu MTs An-Nur.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan yang dilakukan oleh pondok pesantren An-Nur I putra Bululawang Malang, untuk mengetahui secara jelas prestasi belajar santri pondok pesantren An-Nur I putra Bululawang yang menjadi siswa MTs An-Nur, untuk mengetahui korelasi antara pendidikan pondok pesantren dengan prestasi belajar santri yang menjadi siswa di MTs An-Nur.

Sebagai obyek dari penelitian ini adalah santri pondok pesantren An-Nur I yang bersekolah di MTs An-Nur. Adapun untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Untuk analisa data penulis menggunakan analisis prosentase untuk mengetahui aktifitas santri dalam mengikuti pendidikan pondok pesantren, sedangkan untuk mengetahui korelasi antara pendidikan pondok pesantren dengan prestasi belajar santri.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan pondok pesantren dengan sistem pendidikan yang ada dapat meningkatkan kemampuan santri baik ilmu agama maupun umum sehingga prestasi belajarnya lebih tinggi dari yang tidak tinggal di pondok pesantren. Ini berarti antara pendidikan pondok pesantren mempunyai korelasi yang positif dengan prestasi belajar santri di MTs An-Nur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSahlan, AsmaunUNSPECIFIED
Keywords: Pendidikan Pondok Pesantren; Prestasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 13 Feb 2023 14:58
Last Modified: 13 Feb 2023 14:58
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46596

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item