Aini, Nur (2013) Pengaruh Kreativitas dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Islam AL-Ma’Arif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130052_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Belajar merupakan perubahan prilaku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktek atau penguatan yang di landasi oleh tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan Hasil belajar merupakan hasil dari usaha belajar yang telah dilaksanakan oleh siswa selama beberapa kurun waktu tertentu. Hasil belajar yang baik merupakan tujuan utama yang dinginkan setiap peserta didik. Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor eksternal. Dalam hal ini kreativitas dan disiplin kerja guru sangat berpengaruh aktif di sekolah.
Berdasarkan paparan tersebut fokus peneltian yang peneliti lakukan yaitu pengaruh kreativitas dan disiplin kerja guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Islam Almaarif 01 Singosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas guru (X1) terhadap hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Islam Almaarif 01 Singosari, (2) pengaruh disiplin kerja (X2) guru terhadap hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Islam Almaarif 01 Singosari dan (3) pengaruh kreativitas (X1) dan disiplin kerja (X2) guru terhadap hasil belajar (Y) siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Islam Almaarif 01 Singosari.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda yakni uji F secara simultan untuk mengetahui pengaruh secara serentak dan uji T untuk mengetahui secara paarsial atau masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah bahwa, secara parsial kreativitas guru (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar (Y), diperoleh dari nilai (4,907) > (0,168) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga dikarenakan dari hasil kuesioner kreativitas guru selama proses pembelajaran berlangsung dikatakan baik. Secara parsial disiplin kerja guru (X2) berpengaruh secara Siknifikan terhadap hasil belajar (Y), diperoleh dari nilai (5.364) > (0,168), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga dikarenakan dari hasil kuesioner disiplin kerja guru selama proses pembelajaran berlangsung dikatakan baik.
Secara simultan kreativitas dan didiplin kerja guru berengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y), karena (39.755) > (1,63), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat peneliti lihat dari nilai hasil ujian tengah semester siswa yang berada pada rentang interval yang baik. Ini membuktikan bahwa kreativitas dan disiplin kerja guru sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Learning is the attitude change which permanent relatively and potentially happened as the result of the practice or reinforcement which is based on the objective to reach the certain purpose. While learning outcome is the result of learning effort that has been done by the students for some periods of time. A good learning outcome is the main objective which is wanted by every student. The maximum learning outcome is influenced by some factors, they are external factors. In this case, the creativity and the discipline of the teacher is really influence in the school.
Based on the explanation above, the focus of this study is the influence of the teacher’s discipline and creativity toward the students’ learning outcome in integrated IPS lesson in Islamic Junior High School of Almaarif 01 Singosari. The aim of this study are, (1) knowing the influence of teacher’s creativity (XI) toward the students’ learning outcome (Y) in integrated IPS lesson in Islamic Junior High School of Almaarif 01 Singosari, (2) knowing the influence of the teacher’s discipline (X2) toward the students’ learning outcome (Y) in integrated IPS in Islamic Junior High School of Almaarif 01 Singosari.
The type of this study is quantitative, and then the method of it is using the validity and reliability testing, classical assumption testing and also the bifilar linier regression testing that is F test simultaneously for knowing the influence concurrently and T test is used for knowing partially or every variable free from dependent variable.
The result of this study states that partially, the teacher’s creativity (XI) significantly influences the learning outcome (Y), it is gotten from the value t account (4,907) > t table (0,168) therefore, Ho is rejected and Ha is accepted. It is caused the questionnaires result stated that teacher’s creativity during the lesson is good. Partially, the teacher’s discipline (X2) significantly influences the students learning result (Y), it is gotten from t account (5,36) > t table (0,168) therefore, Ho is rejected and Ha is accepted. It is also caused the questionnaires result stated that the teacher’s discipline during the lesson is good.
Simultaneously, the creativity and the discipline of the teacher significantly influence the students’ learning result (Y), since F account (39.755) > F table (1,63), therefore Ho is rejected and Ha is accepted. It can be seen by the researcher from the students’ examination result in the middle of semester; their result in that semester is in a good interval ranges. Therefore, it proves that the creativity and the discipline of the teacher is really influence in the learning process, that’s why it can improves the students’ learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Diaiplin Kerja Guru; Hasil Belajar Teacher’s Creativity; Teacher’s Discipline; Learning Outcome | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:53 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46594 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |