Ramadhani, Mutmainah. Amalni (2013) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Strategi React untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-8 MAN Kota Kediri 3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130050-full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu strategi dan metode yang tepat dalam proses belajar mengajar agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar dan tujuan pembelajaran setiap siswa dapat tercapai.
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa yang mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dengan kehidupan seharihari. Model REACT adalah pembelajaran yang mengutamakan keterkaitan (relating), pengalaman langsung (experiencing), penerapan atau aplikasi (applying), kerjasama (cooperating), alih pengetahuan (transferring)”. Dengan diterapkannya model pembelajaran ini pada mata pelajaran ekonomi maka siswa dapat mengaitkan dan mengalami atau mempraktekkan materi yang sedang dipelajari, membantu siswa menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan membuat hubungan pengetahuan yang dimiliki siswa dengan penerapan didalam kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa juga bekerjasama dan bertukar pengetahuan dengan temannya.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran kontekstual REACT untuk mengatsi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-8 MAN Kota Kediri 3.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan deskriptif atau kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil test.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan, bahwa penerapan pembelajaran kontekstual strategi REACT untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-8 MAN Kota Kediri 3 berjalan efektif. Hal ini terlihat dari keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran ekonomi, selain itu hasil belajar dari ketiga siklus yang dilakukan tampak terlihat peningkatan belajar siswa, karena nilai rata-rata post test tiap siklus selalu meningkat. Nilai rata-rata siklus I 79,93, siklus II adalah 86,22, dan siklus III adalah 93,3. Prosentase peningkatan nilai siswa pada siklus I sebesar 12.54%, pada siklus II sebesar 7.8%, dan pada siklus III sebesar 8.2%. ini berarti pembelajaran kontekstual strategi REACT mampu mengatasi kesulita belajar pada siswa
Operasionally learning and teaching process in a class needed action of perfecting to increase education quality. Although needed a precise strategy and method in learning and teaching process to broke student learning disorder, so that purpose learning every student can gotten.
Contextual teaching learning is a concept learning what can help teacher to relate matery with real situation. It can give motivation student to build relation within knowledge, skill, and experience. REACT strategy give priority to relating, experiencing, applying, cooperating, and transfering. By applying this strategy for economy study so student can relate and attending their experience in class and make relation with knowledge their have in daily activity. Beside that student can bulid cooperation and help each other with the other friends.
Based on their theory, so focused problem in this research is how to apply contextual teaching learning with REACT strategy to broke student learning disorder in economy case X-8 class MAN Kota Kediri 3.
This research is classroom action research method by using description and qualitative approach. To collecting data researching using observation, interview, documentation and result of evaluation test methode.
The result showed, implemetation of contextual learning with REACT strategy to broke student learning disorder in economy case X-8 class MAN kota kediri 3 was very effective. It showed by active and enthusiastic student in participate and listen to teacher when convey the matery. Beside that, result of evaluation learning in three cycles conduct that this strategy increase of evaluation learning. Mean value of first cycle 79,93; second cycle 86,22; and third cycle 93,3. Prosentase evaluation learning showed first cycle 12.54 %; second cycle 7.8 %; third cycle 8,2 %. This result mean that contextual teaching learning with REACT Strategy can solve student learning disorder problem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Strategi REACT; Kesulitan Belajar Contextual teaching Learning; REACT Strategy; learning disorder | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:23 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46587 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |