Amin, Muhammad Shofi Al (2013) Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru IPS Terpadu Di MTs Syirkah Salafiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text
09130048-full.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRACT
Guru merupakan pendidik dan pengajar yang menyentuh kehidupan pribadi siswa. Kemampuan guru penting dalam pembinaan dan pengembangan guru karena telah ditentukan dasar ukuran mana guru yang telah memiliki kemampuan penuh tentu perlu dibina terus agar kemampuannya semakin mantap. Karena pendidikan selama ini belum mampu membangkitkan kemauan peserta didik untuk belajar. Hal ini berarti bahwa kemampuan profesional guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan pendidikan secara keseluruhan. Hal ini mendorong kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam lembaga pendidikan yang dipimpinnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru IPS Terpadu di MTs Syirkah Salafiyah Jember. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru IPS Terpadu di MTs Syirkah Salafiyah Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/ lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan data, daam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru antara lain: memotivasi guru-guru tersebut, guru-guru diikutkan pelatihan, diklat, workshop maupun seminar guru, serta menjaga kedisiplinan guru-guru. Adapun faktor yang mendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru adalah motivasi dan kedisiplinan. Sedangkan untuk faktor yang menghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru adalah kurang sesuainya proses belajar yang dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan bidang guru masing-masing serta kekurangan dalam hal pendanaan sekolah seperti kurang memadainya sarana dan prasarana yang ada dalam MTs Syirkah Salafiyah ini.
Teacher is an educator and instructor which touch the students’ personal. The teacher ability is important in teachers’ coaching and development because the basic measurement of teachers who have complete ability need to be coached continually in order their ability is better. It is caused education all the time still unable yet to raise the students’ willingness of learning. It means that teachers’ professional ability in creating a quality learning determine the education’s success totally. It encourages the principle to develop teachers’ professional competence in his institution.
The objectives of this study are; (1) To describe the role of the principle in developing the IPS Terpadu teachers’ professional competence in Junior High
School of Syirkah Salafiyah Jember. (2) To know the enabling and inhibiting
factors of the principle in developing the IPS Terpadu teachers’ profesional
competence in Junior High School of Syirkah Salafiyah Jember.
The type of this study is descriptive qualitative because it describes the
data and the data are in the form of words/utterances which are obtained from the
people and attitude which can be observed. The data are obtained by observation,
interview, and documentation. Then, the data are analyzed by descriptive qualitative with Establishing the data validity, and this study uses triangulation of data which checking up the data validity and utilize some sources behind the data as the comparison.
The result of this study indicates that the roles of the principle in developing the teachers’ professionalism are; giving motivation to the teachers, included the teachers on training, diklat, workshop or teachers’ seminar, and also keep the teachers’ discipline. Then, the inhabiting factors of the principle in developing the teachers’ professionalism are; the learning process which is done in the learning teaching activity do not fit with the teachers’ field and also the lack of school’s fund such as inadequate facilities and infrastructure which exist in this the Junior High School of Syirkah Salafiyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Profesionalitas Guru The Principal’s Role; Teacher Professionalism | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 13:58 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 13:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46580 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |