Al Farid, Afif (2013) Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan faktor utama dalam proses belajar mengajar didalam kelas, oleh karena itu berhasil atau tidaknya siswa untuk mencapai prestasi yang baik, sebagian faktor terbesar adalah karena seorang guru. Oleh karenanya, guru harus melakukan tugasnya dengan professional dengan memenuhi keempat kompetensi yang ditentukan dalan UUD No. 14 tahun 2005 dengan baik sehingga memiliki kemampuan untuk mengorganisasikan ide-ide yang perlu dikembangkan melalui strategi dan metode belajar yang sesuai dan efektif. Oleh karenanya, peran guru sangat menentukan untuk tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran. Prestasi belajar merupakan tolak ukur dari keberhasilan serangkaikan proses belajara mengajar siswa didalam kelas, yang semua itu telah dikondisikan oleh seorang guru agar siswa dapat mencapai prestasi belajar sesuai dengan standart yang telah ditentukan untuk kelulusan.
Permasalahan yang timbul adalah apakah guru di MAN Malang I sudah memiliki profesionalisme yang baik, hal ini dapat dilihat dali rumusan masalah dalam sekripsi ini yaitu: 1). Apakah ada pengaruh antara Kompetensi Kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa, 2). Apakah ada pengaruh antara Kompetensi Pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa, 3). Apakah ada pengaruh antara Kompetensi Profesional guru terhadap prestasi belajar siswa, 4). Apakah ada pengaruh antara Kompetensi Sosial guru terhadap prestasi belajar siswa, 5).Apakah ada pengaruh antara Profesionalisme Guru terhadap prestasi belajar siswa pada. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam permasalahan ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru mata pelajaran Ekonomi yang meliputi empat kompetensi guru, yaitu kompetensi, kepribadian, pedagogik, professional dan sosial di MAN Malang I, untuk mengetahui prestasi belajar siswa MAN Malang I, serta untuk mengetahui ada tidaknya korelasi positif antara profesionalisme guru mata pelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa di MAN Malang I.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen utama yang digunakan adalah angket untuk mengukur profesionalisme guru. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas. Sedangkan metode analisi data menggunakan regresi linier berganda, determinasi,uji t dan uji f. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN Malang 1 yang berjumlah populasi 190 siswa dan diambil sampel sebanyak 85 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil perhitungan determinasi diperoleh R2 sebesar 0,565 artinya bahwa prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kompetensi guru sebesar 56,5% dan sisanya 43,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil uji t dan uji f menunjukkan: 1). Adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, ditunjukkan dengan nilai t hitung (1,804)>t table (1,671) dengan signifikansi 0,035 maka Ho ditolak. 2). Adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, ditunjukkan dengan nilai t hitung (1,698)>t table (1,662) dengan signifikansi 0,043 maka Ho ditolak. 3). Adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, ditunjukkan dengan nilai t hitung (1,961)>t table (1,671) dengan signifikansi 0,033 maka Ho ditolak.4). Adanya pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap prestasi belajar siswa di MAN Malang 1, ditunjukkan dengan nilai t hitung (2,261)>t table (1,671) dengan signifikansi 0,026 maka Ho ditolak. (5) Ada pengaruh yang signifikan antara empat kompetensi guru terhadap prestasi belajr di MAN Malang 1, ditunjukkan dengan f hitung (9,425)>f table (1,662) dengan signifikansi (0,000).
ABSTRACT
Teachers is a major factor in teaching and learning in the classroom, therefore the success or failure of students to achieve good performance, in part because the biggest factor is the teacher. Therefore, teachers should perform their duties with professional competence by meeting the prescribed four No. role in the Constitution. 14 in 2005 with the well so that it has the ability to organize ideas and strategies need to be developed through learning methods are appropriate and effective. Therefore, the role of the teacher is crucial to the achievement of educational goals and teaching. Learning achievement is a measure of the success of the process serangkaikan learn some vital lessons to teach students in the classroom, all of which have been conditioned by a teacher for students to achieve academic achievement in accordance with the standards specified for graduation.
Problem that arises is whether the teacher at MAN Malang I already have a good professionalism, it can be seen dali sekripsi formulation of the problem in this are: 1). Is there any effect of personality competence of teachers to student achievement, 2). Is there any influence between Pedagogic Competence of teachers on student achievement, 3). Is there any influence between the professional competence of teachers on student achievement, 4). Is there any influence between Social Competence of teachers on student achievement, 5). Is there any influence between the Professional Teacher to student achievement on. The objectives to be achieved in this problem is to determine the professionalism of teachers covering subjects Economic four teacher competence, namely competence, personality, pedagogical, and social professionals at MAN Malang I, students learn to know achievement MAN Malang I, as well as to find out there absence of a positive correlation between economic subjects professionalism of teachers with student achievement at MAN Malang I.
The research approach used in this study is a quantitative study. The main instrument used was a questionnaire to measure the professionalism of teachers. Testing instrument used validity, reliability. While the method of data analysis using multiple linear regression, determination, t test and f. population in this study was a class XI student at MAN Malang 1 population numbering 190 students and taken a sample of 85 students.
Based on the results of studies using multiple linear regression analysis obtained calculation results obtained determination R2 of 0.565 means that student achievement can be influenced by teacher competence by 56.5% and the remaining 43.5% is explained by other variables outside the model. T test and f test showed: 1). The existence of significant influence of personal competence of teachers on student achievement at MAN Malang 1, indicated by the t value (1.804)> t table (1.671) with a significance of 0.035 then Ho is rejected. 2). The existence of significant influence of pedagogical competence of teachers on student achievement at MAN Malang 1, indicated by the t value (1.698)> t table (1.662) with a significance of 0.043 then Ho is rejected. 3). The existence of significant influence of the professional competence of teachers on student achievement at MAN Malang 1, indicated by the t value (1.961)> t table (1.671) with the Ho ditolak.4 significance 0.033). The existence of significant influence of the social competence of teachers on student achievement at MAN Malang 1, indicated by the t value (2.261)> t table (1.671) with a significance of 0.026 then Ho is rejected. (5) There is a significant relationship between the four teacher competence on achievement belajr at MAN Malang 1, indicated by f count (9.425)> f table (1.662) with significance (0.000).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalisme; Prestasi belajar; Guru; Siswa; Professionalism, Achievement learning, Teachers, Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46561 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |