Handoyo, Farid (2011) Pengaruh kondisi Sosial Ekonomi orang tua dan Intensitas Bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Durenan Kab. Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (585kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar. Kondisi sosial ekonomi tinggi mempengaruhi mental dan ketersediaan waktu belajar siswa, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap prestasi siswa. Sementara intensitas bimbingan belajar mempengaruhi prestasi belajar melalui peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap materi pelajarannya.
Untuk mengetahui besarnya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1
Durenan, maka penelitian ini dilakukan.
Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis regresi berganda, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable penelitian baik secara parisal maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi terhadap 80 siswa dengan metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa kondisi sosial ekonomi memiliki pengaruh
positif terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai βsebesar
0,548 dan probabilitas 0,000. selanjutnya intensitas bimbingan belajar juga memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar dimana diperoleh nilai β sebesar 0,221 dan probabilitas 0,016. kemudian secara simultan kondisi sosial ekonomi dan intensitas bimbingan belajar memiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar. Hal tersebut terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai R Square sebesar 0,399 sehingga dapat disimpulkan bahwa 39,9% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa kondisi sosial ekonomi ornag tua dan intensitas bimbingan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi siswa sebesar 39,9%. Dengan demikian agar prestasi belajar siswa dapat lebih meningkat, hendaknya orang tua yang memiliki kondisi sosial ekonomi yang rendah dapat meningkatkan penghasilan mereka, sehingga dapat menunjang prestasi belajar siswa. Selain itu intensitas bimbingan belajar juga perlu ditingkatkan agar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kondisi Sosial Ekonomi; Bimbingan Belajar; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46560 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |