Arosyidi, Muhammad Nafik (2013) Penerapan Metode Jigsaw Learning Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) Untuk Meningkatkan Karakter Percaya Diri Siswa Kelas VIII-Q Di MTsN TambakBeras Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130045_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Pendidikan karakter bukanlah hal baru dalam sejarah manusia. Orang tua dengan berbagai cara, sejak dulu kala sebelum ada lembaga pendidikan formal yang bernama sekolah seperti sekarang, sudah berusaha mendidik anak-anak mereka menjadi anak yang baik menurut norma-norma yang berlaku dalam budaya mereka. Untuk bisa membentuk karakter pada siri siswa dengan baik, pada kegiatan belajar mengajar siswa perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah atau harus mereka dapatkan. Salah satu metode untuk membentuk karakter percaya diri pada diri siswa dalam proses pembelajaran adalah melalui metode pembelajaran bagaimana menjadikan belajar tidak terlupakan. Salah satu metode pembelajaran kooperatif dalam membentuk karakter siswa adalah jigsaw learning, metode ini digunakan untuk membantu siswa dalam membentuk karakter yang ada dalam dirinya ke arah yang lebih baik.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif jenis jigsaw pada mata pelajaran IPS Terpadu (Geografi) untuk meningkatkan karakter percaya diri siswa kelas VIII-Q MTsN Tambakberas Jombang.
Sebagai upaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu dilaksanakan penggunaan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, analisis dan refleksi. Pelaksanaan tindakan siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 04 Februari 2013, dan untuk siklus kedua pada tanggal 11 Februari 2013, dan untuk siklus ketiga dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2013.
Setelah mencermati hasil dari pelaksanaan penelitian yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif jenis jigsaw mampu meningkatkan karakter percaya diri pada diri siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Geografi) di kelas VIII-Q.
Character education is not new in human history. Parents in many ways, since the old times before there is a formal educational institution named the school as it is now, is trying to educate their children to be good according to the norms prevailing in their culture. To be able to shape the character of the student siri well, the teaching and learning activities students need to hear, see, ask questions and discuss with other people. Not only that, students need to "do it", which describes something in their own way, showing for example, tried to practice the skills and tasks that require knowledge that has been or should they get. One method of forming the character of the self-confidence of students in the learning process is through a method of learning how to make the learning is not forgotten. One of the methods of cooperative learning in shaping the character of the students are learning jigsaw, this method is used to assist students in forming the character that was in him into a better direction.
This study aimed to determine the application of cooperative learning jigsaw type on Integrated Social Science (Geography) to increase the confidence of student character class VIII-Q MTsN Tambakberas Jombang.
In an effort to get the maximum results it is necessary to use methods implemented Classroom Action Research (CAR), which consists of three cycles. At each stage of the planning cycle is done, the implementation of the action, observation, analysis and reflection. Implementation of the first cycle of the action took place on February 4, 2013, and for the second cycle on February 11, 2013, and for the third cycle was held on February 18, 2013.
After looking at the results of the implementation of the research conducted, the researchers concluded that the type of jigsaw cooperative learning method can improve the character of the self-confidence of students in integrated social studies (Geography) in class VIII-Q.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Jigsaw Learning; Karakter Percaya Diri; Mata Pelajaran IPS Method of Jigsaw Learning, Character Confidence, Social Science Subjects | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:20 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46558 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |