Anggraeni, Maria (2011) Hubungan antara Motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiayah I Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi yang kuat dalam diri siswa akan meningkatkan minat, kemauan dan semangat yang tinggi dalam belajar. Motivasi sangat berperan dalam belajar. Dengan motivasi inilah siswa menjadi tekun dalam proses belajar mengajar, serta dengan motivasi itu pula kualitas hasil belajar siswa dapat diwujudkan dengan baik. Dalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, serta mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di MTs.Muhammadiyah I Malang.
Penelitian ini dilakukan di MTs.Muhammadiyah I Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar ekstrinsik, motivasi belajar intrinsik, dan prestasi belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah I Malang yaitu berjumlah 48 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana populasi yang ada jumlahnya kurang dari 100. Analisis data menggunakan korelasi product moment.
Dalam pengumpulan data digunakan metode kuesioner/angket untuk mengukur hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sedangkan prestasi belajar siswa menggunakan nilai raport.
Hasil analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 20 item valid. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,9070 untuk variabel motivasi intrinsik belajar siswa, 0,8043 untuk variabel motivasi ekstrinsik siswa, dihitung dengan rumus Alpha Cronbach.
Diperoleh kesimpulan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Motivasi intrinsik belajar Pendidikan Agma Islam siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiayah I Malang jawaban responden terbanyak kadang-kadang, hal ini menggambarkan bahwa siswa kadang-kadang termotivasi secara intrinsik dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam. Serta pada motivasi ekstrinsik belajar Pendidikan Agma Islam siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiayah I Malang jawaban responden terbanyak kadang-kadang, hal ini menggambarkan bahwa siswa kadang-kadang termotivasi secara ekstrinsik dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah I Malang masuk kategori baik, sebab prerstasi belajar siswa terbanyak mempunyai nilai antara 61-80 sebanyak 44 responden atau 91,6%. (3) Terdapat hubungan yang kuat positif antara motivasi intrinsik belajar dengan
prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah I Malang sebab diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,708 dengan sig 0,000. Juga terdapat hubungan kuat positif antara motivasi ekstrinsik belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah I Malang sebesar 0,785 dengan sig
0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:57 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46554 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |