Wahyuni, Sri (2011) Hubungan antara Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah I Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sistem Pendidikan Nasional sedang menghadapi tantangan yang sangat berat dan kompleks dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu bersaing di era global yaitu rendahnya kualitas pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Upaya awal yang dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah kualitas guru. Kualifikasi pendidikan guru sesuai dengan prasyarat minimal yang ditentukan oleh syarat- syarat seorang guru yang profesional. Profesional guru yang dimaksud dalam skripsi ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bidang studi Akidah Akhlak yang profesional.
Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik.
Masalah yang ada dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Pertama, bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di MTs. Muhammadiyah I Malang, Kedua, bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah I Malang. Ketiga, apakah ada hubungan antara profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah I Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
profesionalisme guru Akidah Akhlak dan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah I Malang, dan untuk mengetahui berapa besar hubungan proesionalisme guru Akidah Akhlak dan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah I Malang.
Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (Interview) Dokumentasi, Angket, dan Observasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu Editing, Coding, Tabulasi, dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian.Tahapan kedua yaitu dengan pengujian instrument melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya dengan pengujian hipotesis melaui uji korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di MTs. Muhammadiyah I Malang masuk kategori baik sebab rata-rata jawaban siswa mengarah kepada profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam. (2) Prerstasi belajar siswa MTs Muhammadiyah I Malang masuk kategori baik karena 91,6% nilai prestasinya terbanyak antara 61-80, sehingga dapat dikatakan pemahaman siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam termasuk baik. (3) Terdapat hubungan antara Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di MTs sebesar 0,854 dengan sig 0,000. Artinya terdapat hubungan antara variabel motivasi intrinsik belajar siswa dengan variabel prestasi belajar siswa dalam kategori positif dan sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masduki, Masduki | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:57 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46549 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |