Kasiati, Kasiati (2013) Peran Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karangan Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130044_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan poses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk menciptakan kegiatan belajar yang berhasil tidaklah mudah, disamping adanya guru yang profesional maka perlu adanya sumber belajar yang dapat menunjang proses belajar mengajar, yang mana sangat berguna bagi pelaksanaan peningkatan prestasi belajar siswa dan sebagai pusat informasi. Oleh sebab itu untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan tidak hanya diperlukan sebuah konsep pendidikan yang bagus, tetapi juga diperlukan sarana dan prasarana yang memadai. Dalam kontek pendidikan modern perpustakaan sekolah merupakan wadah untuk mengakses suatu informasi karena perpustakaan merupakan pusat informasi dalam mencari ilmu pengetahuan dalam mencapai prestasi belajar.
Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan suatu rumusan masalah, pertama bagaimana kondisi sarana prasarana perpustakaan di SMA Negeri 1 karangan Trenggalek. Kedua bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek dan ketiga bagaimana peran perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Ada 3 macam metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data yang telah diperoleh dalam penelitian digunakan teknik deskriptif. peneliti akan mendeskripsikan secarah menyeluruh dengan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran dari orang secara individu maupun kelompok, baik yang diperoleh dari data observasi, wawancara, maupun dokumentasi dan mengorganisasikan data, memilah-milahnya untuk menjawab rumusan masalah kemudian mencari dan menemukan makna yang terkait dengan rumusan masalah.
Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kondisi sarana dan prasarana perpustakaan SMAN 1 Karangan trenggalek sudah baik dan cukup lengkap. Hal ini dibuktikan bahwa rata-rata nilai prestasi siswa kelas XI pada mata pelajaran sosiologi meningkat yaitu diatas nilai KKM yang sudah di tentukan. Di samping itu perpustakaan mempunyai peranan penting di dalam lingkungan SMA negeri 1 Karangan Trenggalek di antaranya: 1) Sebagai Pusat Informasi, 2) Sebagai Media Penyebarluasan Informasi, 3) Sebagai Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca. Dan 4) Sebagai Media Hiburan atau Rekreasi, karena perpustakaan sebagi media pembelajaran juga sebgai media hiburan bagi siswa, sebab perpustakaan itu tidak hanya menyediakan buku pelajaran saja tetapi juga buku-buku bacaan supaya dapat digunakan untuk atifitas membaca siswa. Melihat kenyataan tersebut, maka secara umum dapat dikatakan bahwa peranan perpustakaan sekolah sebagai sarana dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek telah berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat kekurangan.
Education is a conscious and preplanned effort to produce a condition and process of learning that allows the educated participants to develop the potential such that they have pious spiritual power, self-control, personality, intelligence, good manner, and skill required by themselves, community, nation and country. It is not easy for the government to create favorable learning activity because it is not only requiring professional teacher, but also it needs a good learning source to support the learning-teaching process. Good source for learning will also be useful for the increase of learning achievement of students and also be the center of information. Therefore, the improvement of education quality is not only involving a good concept of education, but also a reliable structure and infrastructure. Within the modern education context, school library is the institution to access information because library is the center of information in looking for knowledge to attain learning achievement.
Taking the above matter into account, problems are formulated. First is how the condition of structure and infrastructure of library is at SMAN 1 Karangan Trenggalek. Second is how is the learning achievement of sociology lesson of Grade XI Social Students at SMAN 1 Karangan Trenggalek. Third is how is the role of library to increase learning achievement of Grade XI Social Students at SMAN 1 Karangan Trenggalek.
Research uses qualitative descriptive approach. Three data collection methods are used such as observation, interview, and documentation. Data analysis is employing descriptive technique which is the author will give a comprehensive description by analyzing phenomenon, event, social activity, attitude, trust, perception, and somebody‟s thought, either individually or collectively, or either obtained from observation, interview, and documentation. It is followed by organizing the data, sorting the data to answer the problem, and searching the significance behind the problem.
Result of research concludes that the structure and infrastructure of library at SMAN 1 Karangan Trenggalek are already good and complete. It is proved by the increase of the average learning achievement of Grade XI students on sociology lesson, which is precisely above KKM. Besides, library plays important role in the environment of SMAN 1 Karangan Trenggalek, such as being (1) the center of information, (2) the media of disseminating information, (3) as the place to develop interest and hobby of reading, and (4) as the media of entertainment or recreation because library is acted as media of learning or media of entertainment for students. Library is not only providing the lesson books but also reading books to be used during the reading activity of students. Seeing this reality, it is generally stated that the role of school library to improve learning achievement of students at SMAN 1 Karangan Trenggalek is already good despite its weakness.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perpustakaan Sekolah; Prestasi Belajar Siswa. School Library; Learning Achievement of Students. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46546 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |