Pratiwi, Suci Taurista (2009) Pelaksanaan Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa kelas II SD Kretif An Nur Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05130016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Konteks Pendidikan, sudah saatnya kita merubah paradigma pengajaran yang selama ini lazim digunakan dalam proses belajar mengajar PKn ke arah paradigma pembelajaran. Bukan rahasia lagi bahwa paradigma belajar mengajar PKn yang ada selama ini masih sarat orientasi pengajaran daripada pembelajarannya. Akibatnya di kalangan siswa, PKn seringkali dipandang sebagai mata pelajaran yang menjemukan, sarat dengan dogma dan indoktrinasi norma- norma agama yang kurang membuka ruang bagi siswa untuk lebih kritis dan kreatif dalam proses belajar mengajar. Tidak mengherankan jika kemudian siswa menjadi malas dan kurang bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis merumuskan masalah diantaranya bagaimana aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II di SD Kreatif An Nur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya kelas II di SD Kreatif An Nur, mengetahui hambatan yang dialami guru PKn dalam Aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran pendidikan serta mengetahui upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengatasi hambatan dalam aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada mata pelajaran pendidikan Islam di kelas II di SD Kreatif An Nur.
Penelitian ini dilakukan di SD Kreatif An Nur. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, interview. Kemudian data yang telah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Dari basil pembahasan dan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Aplikasi Contekstual Teaching and Learning pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Kreatif An Nur Surabaya. Adanya motivasi dapat dilihat dari meningkatnya: kemampuan siswa untuk mencetuskan suatu gagasan yang baru, adanya pertanyaan-pertanyaan baru diluar perkiraan mengenai materi pada proses pembelajaran, dan mengemukakan pendapat sesuai dengan pengetahuan yang dialaminya (ekspresif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aplikasi; Contekstual Teaching and Learning; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46544 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |