Rusdiana, Ifa (2012) Pengaruh Lingkungan di sekolah dan Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS 02 di SMA AL-RIFA’IE Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
07130053 full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut menjadi variabel dalam penelitian ini. Yaitu variabel lingkungan sekolah, motivasi belajar, dan prestasi belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori (penelitian yang bersifat menjelasan) yaitu suatu jenis penelitian yang berusaha untuk menguji hipotesis yang menyatakan hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini berlokasi di SMA Al Rifa’ie Gondanglegi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Al Rifa’ie Gondanglegi tahun pelajaran 2010/2011. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan metode total sampling (sampel total), dengan tehnik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Al Rifa’ie Gondanglegi, ditunjukkan dengan nilai t-hitung < t-tabel, atau (1,992 < 2,04). Maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak signifikan. Jadi, secara parsia X1 (lingkungan sekolah) tidak berpengaruh signifikan terhadap Y (prestasi belajar). Motivasi belajar juga tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Al Rifa’ie Gondanglegi, yang ditunjukkan oleh, t-hitung< t-tabel, atau -1,515< 2,04. Maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak signifikan. Jadi, secara parsia X2 (motivasi belajar) tidak berpengaruh signifikan terhadap Y (prestasi belajar). Sedangkan secara simultan lingkungan sekolah dan motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Al Rifa’ie Gondanglegi dengan hasil pengujian F-hitung < F-tabel, atau 2,138 < 4,16, maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak signifikan. Jadi, lingkungan sekolah (XI) dan motivasi (X2) belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap (Y) prestasi belajar.
ABSTRACT
The achievement of study of students are basically influenced by two factors, there are internal and external factor. Both two factors become the variable of this research; the variable of school environment, learning motivation, and learning achievement.
This research use quantitative research with explanatory approach (research that has function to explain) is research that try to examine the hypothesis that explain causal relationship between two variables or more. This research is located in SMA Al Rifa’ie Gondanglegi. The population of the research is all the students of XI IPS SMA Al Rifa’ie Gondang legi period 2008/2009. The technique of gathering sample I employ total sampling method (sampel total), the research instrument to collect the data I use questionare and ducementation. The analysis that I use to examine hypothesis is double linier regression analysis.
The research shows that the school environment is not significantly influence the student’s achievement study in economic lesson at SMA Al Rifa’ie Gondang legi, it is shown by t-score < t-table, or (1,992 < 2,04). Then Ho accepted and Ho rejected, it means not significant. So, partially X1 (school environment) is not significantly influence to the learning achievement toward economic lesson in SMA Al Rifa’ie Gondanglegi, which is shown by t-score < t-table, or -1, 515 < 2, 04. So Ho accepted and Ha rejected, it has meaning that it is not significant. So, the scale of partial X2 (learning motivation) is not significantly influence to Y (achievement of study). Whereas, the simultaneous of school environment and learning motivation are not influence to learning achievement toward economic lesson in SMA Al Rifa’ie Gondanglegi which is shown by F-score < F-table, or
2,138 < 4,16, that why Ho accepted and Ha rejected, it means not significant. So, school environment (X1) and motivation (X2) not significantly influence toward learning achievement (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46543 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |