Sari, Tri Mei Lina Lukita (2010) Implementasi strategi produk dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada Usaha Krupuk TKT di Desa Mulyoarjo Lawang, Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat seorang pengusaha hendaknya memiliki strategi untuk dapat bertahan di tengahtengah persaingan. Akan tetapi hal ini bisa menjadi kesempatan yang menarik bagi pengusaha jika dalam memproduksi dan mengolah hasil barang/jasa yang diproduksi ini mampu menggunakan strategi yang tepat. Strategi dan pertimbangan yang tepat sudah seharusnya di miliki pengusaha dalam menghadapi persaingan usaha. Dalam pemasaran dikenal banyak strategi pemasaran salah satunya strategi produk yang menjadi komponen terpenting dalam startegi bauran pemasaran atau marketing mix. Strategi produk yang meliputi produk, merk dan kemasan, label, rasa, dan ukuran serta harga sebagai alat pemasaranya. Perhatian produsen dalam menggunakan strategi yang tepat akan membawa pengaruh terhadap kepuasan pelanggan usaha ini.
Berdasarkan latar belakang diatas maka yang menjadi fokus penelitian adalah, pertama implementasi strategi produk pada usaha krupuk “TKT”, dan yang kedua tentang tingkat kepuasan pelanggan usaha krupuk TKT setelah mengkonsumsi produk krupuk TKT.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang mejelaskan atau menerangkan keadaan di lapangan berdsarkan data yang telah terkumpul yang digambarkan dengan katakata atau kalimat, dipisahpisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan, kemudian dikembangkan menjadi permasalahanpermasalahan beserta pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh kebenaran dalam bentuk dukungan data empiris lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang strategi produk dan kepuasan pelanggan.
Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisis data temuan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: implementasi strategi produk krupuk TKT di Desa Mulyoarjo Lawang Kabupaten Malang belum seluruhnya dilaksanakan atau diterapkan. Ini dikarenakan dalam proses pemasarannya masih menggunakan saluran distribusi sederhana. Dalam implementasi strategi produk dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, yaitu aspek produk (produk dengan kualitas baik), aspek rasa (rasa yang menjadi andalan krupuk TKT). Sedangkan untuk aspek merk, kemasan, dan label masih harus ada perbaikan dan peningkatan untuk dapat lebih menarik minat pelanggan lain untuk mengkonsumsi krupuk TKT.
ABSTRACT
To deal with the tight competition an entrepreneur must have a strategy to survive in the midst of competition. However, this could be an attractive opportunity for entrepreneurs if in producing and processing of goods / services produced are capable of using the right strategy. Strategy and appropriate consideration if the entrepreneur had to face competition. In marketing marketing strategy known as one strategy of many products that become the most important component in the marketing mix strategy or marketing mix. Product strategy that includes product, brand and packaging, labels, flavors, and sizes and prices as pemasaranya tool. Attention manufacturers in using the right strategies will affect the business of customer satisfaction.
Based on the above then that becomes the focus of research is the first implementation of product strategy at the cracker business "TKT", and the second on business customer satisfaction levels after eating a cracker TKT this product.
The approach used in this research is a qualitative approach to the type of descriptive research, ie research that describe or explain the situation on the ground based on the data collected will be explained in words or phrases, separated by category to obtain the conclusion, later developed into the problems and proposed solutions to obtain the truth in the form of empirical data support the field. The instrument used in this study were interviews, observation, and documentation to obtain data about product strategy and customer satisfaction..
After going through the stages of data collection and analysis of research findings can be summarized as follows: implementation of the strategy TKT cracker products in the village of LawangMalang Mulyoarjo not fully implemented or applied. This is because in the marketing process is still using a simple distribution channel. In the implementation of product strategies in increasing customer satisfaction, aspects of the product (product with good quality), aspect of taste (taste is a mainstay crackers TKT). The aspects of branding, packaging, and labels are still some improvements and fixes for other more attractive customers for eating crackers TKT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Produk; Kepuasan Pelanggan Product Strategy; Customer Satisfaction | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46540 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |