Nariyah, Khusnatun (2007) Upaya Guru PAI dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences): Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah Tumpukrenteng Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110254.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam praktek pembelajaran terjadi hal yang kurang membantu peserta didik untuk berkembang. Guru PAI dan tenaga pengajar umumnya cenderung untuk tenggelam dalam rutin mengajar yang didasarkan atas pengalaman dan kebiasaan tanpa mengetahui betapa kompleks sebenarnya proses pembelajaran. Untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dapat menumbuhkan gairah belajar serta lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan dan bantuan terhadap siswa dalam belajar.
Dengan permasalahan di atas peneliti ingin mengetahui lebih jauh bagaimana upaya guru PAI dalam membuat perencanaan pengembangan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda, bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda, bagaimana upaya guru PAI dalam hasil evaluasi model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda, yang penulis tuangkan dalam bentuk skripsi dengan judul “ Upaya Guru PAI Dalam Mangembangkan Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligenc) (Studi Kasus di MTs Al-Fatah Tumpukrenteng Turen Malang)”. Upaya pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas upaya guru PAI dalam mengidentifikasi model pengembangan pembelajaran berbasis kecerdasan ganda di MTs Al-Fatah Tumpukrentang Turen Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sumber datanya menggunakan kata- kata tindakan, sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa upaya guru PAI dalam mengembangkan model pembelajaran berbasis kecerdasan ganda (Studi Kasus di MTs Al-Fatah Tumpukrenteng Turen Malang) terdiri dari:Identifikasi Kecerdasan Siswa, Identifikasi Materi Pembelajaran, Mempersiapkan Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Menentukan Evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru PAI; Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Ganda | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:57 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46539 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |