Mauliddah, Nurullaili (2012) Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Efektivitas penerimaan peserta didik baru (PPDB) Online: Studi kasus siswa kelas XI IPS SMAN 4 Malang dan SMAN 8 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
07130045_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan yang telah melebarkan sayapnya untuk lebih berkembang dan mengikuti perkembangan zaman dengan menggabungkan segala aspek yang ditawarkan teknologi informasi untuk pelaksanaan penerimaan siswa baru yaitu melalui PPDB Online. Berangkat dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknologi informasi berpengaruh secara parsial terhadap efektivitas PPDB secara Online pada siswa kelas XI IPS SMAN 4 Malang dan kelas XI IPS SMAN 8 Malang, apakah teknologi informasi berpengaruh secara simultan terhadap efektivitas PPDB secara Online pada siswa kelas XI IPS SMAN 4 Malang dan kelas XI IPS SMAN 8 Malang, dan Apakah ada perbedaan antara kinerja pengguna, sarana prasarana dan pemanfaatan program serta efektifitas PPDB Online pada siswa Kelas XI IPS SMAN 4 Malang dan kelas XI IPS SMAN 8 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian eksplanatori (explanatory research). Penelitian ini menggunakan data primer yang dijaring melalui angket/kuesioner. Pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap veriabel terikatnya baik secara parsial maupun simultan, dan uji beda (uji t) untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata antara dua varian responden yaitu siswa kelas XI IPS SMAN 4 Malang dan siswa kelas XI IPS SMAN 8 Malang.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui semua soal dinyatakan valid dan reliabel, serta data yang diperoleh terdistribusi normal. Pada analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel bebas yang terdiri dari kinerja pengguna (X1), Sarana dan Prasarana (X2) dan Pemanfaatan program (X3) memiliki pengaruh terhadap variabel terikat yaitu Efektifitas PPDB Online (Y). Sedangkan melalui uji beda (uji t) diperoleh bahwa tidak ada perbedaan rata-rata dalam kinerja pengguna (X1), Sarana dan Prasarana (X2), pemanfaatan program (X3) dan Efektifitas PPDB Online (Y) baik di kelas XI IPS SMAN 4 Malang maupun di kelas XI IPS SMAN 8 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi sangat membantu pelaksanaan penerimaan peserta didik baru yaitu dapat mengurangi kinerja secara fisik, menghemat tenaga, waktu dan biaya, dapat mengurangi kegiatan KKN atau kecurangan yang biasanya terjadi saat pelaksanaan penerimaan siswa baru.
ABSTRACT
Education which has spread its wings to more developed and with the times by incorporating all aspects of information technology offered to the implementation of new admissions is through PPDB Online. Based on the background, the formulation of the problem in this study is whether information technology effects partially on the effectiveness of PPDB Online to grades XI IPS Students at SMAN 4 Malang and XI IPS Students SMAN 8 Malang, whether the information technology influences simultaneously on the effectiveness of PPDB Online to grades XI IPS Students at SMAN 4 Malang and XI IPS Students SMAN 8 Malang, and Is there any differences between performance of users, infrastructure and utilization of programs and also the effectiveness of PPDB Online on Grades XI IPS student of SMAN 4 Malang and grades XI IPS SMAN 8
Malang.
This study uses a quantitative approach and the type of research is explanatory research. This study uses primary data captured through the questionnaire. The testing of data using validity test, reliability test, and test for normality. Analysis of data using multiple linear regression analysis to test the effect of independent variables against dependent variable either partially or simultaneously, and different test (t test) to determine whether there are differences on average between two variants of the respondents; Grades XI IPS student of SMAN 4 Malang and grades XI IPS SMAN 8 Malang.
Based on the results of studies that have been made known to all questions is valid and reliable, as well as the obtained data are normally distributed. In multiple linear regression analysis found that either partially or simultaneously independent variable consisting of user performance (X1), Facilities and Infrastructure (X2) and Utilization program (X3) has an influence on the dependent variable, the Effectiveness of PPDB Online (Y). Meanwhile, through different test (t test) was obtained that there was no difference in the average of user performance (X1), Facilities and Infrastructure (X2), the utilization of the program (X3) and the Effectiveness of Online PPDB (Y) both in grades XI IPS SMAN 4 Malang and in grades XI IPS SMAN 8 Malang. The results of this study indicate that the technology greatly assist the implementation of the acceptance of new students can reduce physical performance, saves energy, time and cost, can reduce corruption or fraudulent activity that usually occurs during the implementation of new students admissions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mansur, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Teknologi Informasi; Efektivitas PPDB Online | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46538 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |