Penggunaan metode pengajaran qiroati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’An di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang

Aqtoris, Qoyyumamin (2008) Penggunaan metode pengajaran qiroati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’An di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (948kB)

Abstract

Pengajaran baca tulis Al-Qur‟an merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipelajari oleh setiap orang Islam karena merupakan salah satu cara memahami Al-Qur‟an dengan baik, dan ada kaitannya dengan ibadah ritual seperti shalat, haji, dan do‟a. Dalam belajar membaca ataupun menulis Al- Qur‟an tentunya tidak langsung bisa, akan tetapi harus melalui tahapan-tahapan. Maka dari itu, dalam pengajaran baca tulis Al-Q ur‟an juga diperlukan suatu metode yang praktis dan cepat. Metode Q iroati merupakan salah satu metode yang secara langsung tanpa dieja dan membiasakan membaca secara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Berpijak pada permasalahan diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian ”Penggunaan Metode Pengajaran Q iroati Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur‟an, peneliti mengambil obyeknya di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Bagaimana penggunaan metode pengajaran Q iroati dalam meningkatkan baca Tulis Al-Q ur‟an? (2) Usaha apa yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan baca tulis Al-Q ur‟an di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang?

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan metode pengajaran Q iroati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur‟an di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang serta untuk mengetahui Usaha yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan baca tulis Al-Q ur‟an di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang.

Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif karena dalam penjabarannya tidak menggunakan angka-angka (statistik). Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara langsung dengan kepala TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang serta Ustadz/ustadzah yang mengajar di TPQ Warda tul Ishlah, observasi kelokasi penelitian, serta dokumentasi TPQ Wardatul Ishlah dan selanjutnya dilakukan pengambilan kesimpulan.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pengajaran Q iroati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur‟an di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari Lowokwaru Malang lebih mengacu pada ketentuan-ketentuan dari pusat yaitu yang ditetapkan oleh Alm. K.H. Dahlan Salim Az-Zarkasyi dari Semarang selaku penyusun buku pengajaran Al-Qur‟an metode Q iroati. Dalam pengajaran qiroati ini dilakukan secara berbeda-beda atau disesuaikan dengan kelas jilid Q iroati, yakni: Individual, K lasikal-Individual, dan K lasikal-Baca Simak. Adapun Usaha yang dilakukan para ustadz/ustadzah dalam meningkatkan baca tulis Al-Q ur‟an di TPQ Wardatul Ishlah Merjosari adalah menggunakan metode klasikal dan individual serta memahami perbedaan setiap individu santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masduki, Masduki
Keywords: Metode pengajaran Al-Qur’an; Qiroati; Baca Tulis Al-Quran
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 27 Aug 2016 05:13
Last Modified: 27 Aug 2016 05:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4652

Actions (login required)

View Item View Item