Luthfiyah, Ida (2010) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Model Every One is Teacher Here untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran Sosiologi Madrasah Aliyah Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130088.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses belajar mengajar, salah satu faktor yang sangat mendukung guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan pendekatan atau metode serta teknik pembelajaran yang mampu memunculkan motivasi belajar dalam diri siswa agar proses pembelajaran tidak cenderung monoton dan membosankan. Guru dituntut untuk menguasai beberapa pendekatan atau metode serta teknik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran dan siswa.
Srategi pembelajaran aktif (Active Learning Srategi) merupakan sebuah kesatuan sumber kumpulan strategi-strategi pembelajaran yang komprehensif. Belajar aktif meliputi berbagai cara untuk membuat siswa aktif sejak awal melalui aktifitas-aktifitas yang membangun kerja kelompok dan dalam waktu singkat membuat mereka berfikir tentang materi pelajaran, Terdapat teknik-teknik memimpin belajar bagi seluruh kelas, bagi kelompok kecil, merangsang diskusi dan debat, mempraktekan ketrampila-ketrampilan, mendoronh adanya pertanyaan- pertanyaan bahkan membuat siswa dapat saling mengajar satu sama lain.
Metode Every one Is Teacher Here yaitu metode yang digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapat- pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.
Sosiologi merupkan ilmu yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni hubungan diantara manusia, manusia dengan kelompok, hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gelaja social, misalnya gejala ekonomi dan agama, keluarga dan moral, hukum dan ekonomi dan sebagainya.
Berdasarkan uraian diatas, maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimanakah motivasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran aktif model Every One Is Teacher Here, pada mata pelajaran sosiologi dikelas X MA Almaarif Singosari.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari tiga siklus yang diterapkan, sudah dapat dilihat perkembangan motivasi belajar siswa yang bisa dilihat dari keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran. Pada evaluasi nilai post test, rata-rata siswa mendapatkan nilai yang bagus, prosentase peningkatan nilai siswa pada siklus I sebesar 24,3%, pada siklus II sebesar 34,5%, pada siklus III sebesar 48,7%. Hal itu terjadi karena dalam diri siswa sudah muncul motivasi untuk selalu semangat dalam belajar.
Sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif model Every One Is Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi kelas X MA Almaarif Singosari. Hal tersebut dapat diketahui dari keaktifan dan antusias siswa dalam pembelajaran serta termotivasinya siswa untuk lebih mengetahui akan sesuatu yang baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning Strategy); Model Every One is Teacher Here; Motivasi Belajar; Sosiologi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46509 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |