Jamilah, Leli (2010) Pembelajaran Ekonomi dengan menggunakan multi metode (ceramah, tanya jawab dan diskusi) sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar di MTs Al Ma’arif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130086.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (975kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di era globalisasi merupakan salah satu aspek yang penting bagi kehidupan manusia, karena pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat menunjang kemajuan suatu negara. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan lainnya. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang memadai. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa kebanyakan strategi yang di gunakan oleh guru pada umumnya meliputi metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Hal ini memberikan kesan bahwa gurulah yang aktif sedang siswanya pasif.
Kegiatan belajar adalah sebuah interaksi yang bernilai pendidikan yang didalamnya terjadi interaksi edukatif antara guru dan siswa. Ketika guru menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa, kadangkala bahan pelajaran itu kurang membangkitkan motivasi belajar siswa, karena penggunaan strateginya yang kurang tepat. Disinilah kehadiran metode menempati posisi penting dalam menyampaikan bahan pelajaran dengan menggunakan multi metode merupakan salah satu alternatif yang perlu di coba dan diterapkan dalam pembelajaran ekonomi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan prestasi belajar, mendeskripsikan kendalakendala yang ditemui dalam pembelajaran ekonomi sekaligus menawarkan solusi dari kendalakendala yang ditemui tersebut.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode kualitatif. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, data tersebut diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.
ABSTRACT
In the era of globalization is one aspect that is important for human life, because education is one factor that strongly supports the advancement of a country. The progress of a nation can only be achieved through the arrangement of a good education; one of the educational problems faced by the Indonesian nation is the low quality of education, especially primary and secondary education. Various attempts have been made to improve the quality of national education, among others, through training and upgrading of teachers, curriculum improvements, procurement of books and learning equipment and repair facilities and other educational infrastructure. However, various indicators of education quality have not shown adequate improvement. The results of field observation showed that most of the strategies used by teachers in general, include methods of lecture, question and answer, and discussion. This gives the impression that teachers are more active than students.
Interaction and learning activities is a valuable educational activities occurring in educational interaction between teacher and student. When teachers deliver learning materials to students, sometimes teaching materials that generate is less motivation to study, because the use of inappropriate strategies. This is where the presence of methods occupies an important position in delivering teaching materials using multimethod is one alternative that needs to try and apply the learning economy.
The purpose of this study is to describe the application of methods of lecture, question and answer, and discussion in economic learning to improve learning achievement, describes the obstacles encountered in the learning economy while offering a solution of the constraints that are encountered.
The approach used in this study is a qualitative method approach. The research data consists of qualitative data, the data obtained from observation, interviews, field notes, and documentation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ceramah; Tanya Jawab dan Diskusi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Lecture; Question and Answer and Discussion in Improving Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 15:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46508 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |