Sarce, Wuri Sylvua (2010) Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi siswa dalam mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 01 Suboh-Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130085.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada dasarnaya pendidikan merupakan usaha untuk mengantarkan manusia kepada jenjang yang lebih sempurna, sedangkan fenomena pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah guru. Guru merupakan komponen yang memegang peranan penting dan penentu dari keberhasilan proses belajar-mengajar. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya.
Kompetensi pedagogic adalah kemampuan mengelolah pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk menguaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.Berhasil tidaknya seorang siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar atau yang sering kita kenal dengan prestasi belajar. Banyak faktor yang menyebabkan tercapainya suatu prestasi belajar yang baik di dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan paparan tersebut maka masalah yang timbul adalah apakah ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran ips terpadu pada siswa kelas VII di smp negeri 01 suboh.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket, hasil observasi dan dokumentasi yaitu berupa arsip nilai raport mata pelajaran ips siswa kelas VII semester I. Pengujian instrument menggunakan uji validitas reliabelitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan regesi linier berganda, determinasi, uji t dan uji F. Popolasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 304 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 76 orang siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hanya ada pengaruh yang signifikan secara serentak antara variabel kompetensi pedagogik (XI,X2,X3,X4,X5,X6,X7) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (Y). Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa akan meningkat dengan adanya proses pembelajaran yang baik dan kondusif. Sedangkan pada pengujian secara persial menunjukan bahwa variabel kompetensi pedagogik (X1,X2,X3,X4,X5,X6,X7) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa (Y), berpengaruh secara signifikan terhadap prstasi belajar, dengan variabel (X3,X4,X5,X7) yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:19 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2023 14:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46506 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |