Anggraini, Vivin Silvia (2013) Pengaruh Kepribadian Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130037-fulltext.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Kepribadian guru merupakan satu sisi yang selalu menjadi sorotan karena guru menjadi teladan baik bagi anak didik atau bagi masyarakat, untuk itu guru harus bisa menjaga diri dengan tetap mengedapankan profesionalismenya dengan penuh amanah, arif dan bijaksana sehingga masyarakat dan peserta didik lebih mudah meneladani guru yang memiliki kepribadian utuh bukan kepribadian yang terbelah. Tampilan kepribadian guru akan lebih banyak mempengaruhi minat dan antusiasme anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pribadi guru yang santun, respek terhadap siswa, jujur, ikhlas dan dapat diteladani, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan dalam pembelajaran yang mempengaruhi langsung pada prestasi belajar mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Ngajum dan mengetahui variabel kepribadian guru manakah yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriftif korelasional yaitu penelitian yang menganalisa data dengan menggunakan angka-angka, rumus, dan model matematis. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah angket untuk mengukur adanya pengaruh kepribadian guru terhadap prestasi belajar.
Hasil penelitian didapat adanya pengaruh signifikan antara variabel Kepribadian Guru (X) terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) dengan F > F yaitu sebesar 16,010 > 3,03 dengan signifikansi 0,000. Terdapat pengaruh signifikan secara positif variabel Kepribadian Guru (X) terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) yaitu semakin baik kepribadian yang dilakukan oleh guru maka akan berdampak pada peningkatan prestasi siswa. Variabel Kepribadian Guru yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu variabel Kepribadian Berwibawa dengan signifikansi 0,015 dan di ikuti oleh variabel kepribadian dewasa, kepribadian arif, kepribadian mantab dan kepribadian mulia. Kesimpulan terdapat pengaruh variabel Kepribadian Guru (X) terhadap variabel Prestasi Belajar Siswa (Y) adalah sebesar 21,7% dan faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah sekitar 78,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Personality of the teacher is one side that is always in the spotlight because of teachers being good role models for the students or for the community, for the teacher should be able to maintain themselves by staying promoting professionalism language with sincere devotion, wisely so that the community and the learners more easily imitate the teacher who has personality is not split personality intact. View more of teacher's personality will influence the child's interest and enthusiasm in participating in learning activities. Private teacher polite, respect for students, honest, sincere and can emulate, has a significant influence on the success of learning that affects directly on their academic achievement.
The purpose of this study was to clarify the influence of the teacher's personality on student achievement in the VIII Junior High School class dstrict Ngajum personality variables and determine which is the most dominant teachers
affect student achievement.
Types of research used in this study is a quantitative research method is descriptive correlational study that analyzed the data using numbers, formulas, and mathematical models. In this research instrument used was a questionnaire to measure the influence of the teacher's personality on learning achievement.
The result is a significant effect between teacher personality variables (X) of the Student Achievement variable (Y) with F count > F to 16.010 > 3.03 with a significance of 0.000. There is a significant positive effect of teacher personality variables (X) of the Student Achievement variable (Y) is the better personality done by the teachers will have an impact on improving student achievement. Personality variables are the most dominant teachers affect student achievement is charismatic personality variables with significance 0.015 and is followed by the variable adult personality, personality wise, personality steady and noble personality. Teacher personality variables influence the conclusions contained (X) of the Student Achievement variable (Y) was 21.7% and other factors that affect student achievement is about 78.3% influenced by other variables that are not mentioned in this study. is equal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepribadian Guru; Prestasi Belajar Siswa. Teacher Personality; Student Achievement. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:21 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46505 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |