Kurniawati, Eva Dwi (2007) Implementasi Metode Insersi oleh Guru dalam penanaman nilai-nilai Islami di MAN 1 Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110198.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (864kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam memiliki peranan penting dalam pembentukan perilaku siswa, agar siswa memiliki tingkah laku yang sesuai dengan ajaran Islam dalam setiap segi kehidupannya. Oleh karena itu perlu ada penanaman nilai-nilai agama Islam sebagai benteng dari prilaku yang bersifat negatif dan destruktif, terlebih di era globalisasi sekarang ini yang ditandai berbagai kemajuan media globalisasi yang tidak hanya menghibur dan mendidik, akan tetapi juga menyesatkan karena bertentangan dengan nilai-nilai Islami.
Madrasah Aliyah Negeri sebagai sekolah menengah umum yang berciri khas agama Islam harus berupaya untuk mengembangkan ajaran Islam yang lebih dalam, Dari uraian tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Implementasi Metode Insersi Oleh Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Islami di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumenep. Yang mana dapat diketahui bagaimana implementasi metode insersi oleh guru dalam penanaman nilai-nilai Islami di MAN 1 Sumnenep dan nilai-nilai agama Islam apa saja yang ditanamkan dengan metode insersi di MAN 1 Sumenep. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai agama Islam yang ditanamkan dengan metode insersi di MAN 1 Sumenep, untuk mendeskripsikan implementasi metode insersi oleh guru dalam penanaman nilai-nilai Islami di MAN 1 Sumenep.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan data-data hasil wawancara serta pengamalan perilaku sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, kemudian penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data dengan menggunakan teknik analisis data prosentase.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasanya di MAN 1 Sumenep telah menerapkan metode insersi dalam menanamkan nilai-nilai Islami di sela-sela mata pelajaran umum seperti mata pelajaran Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Sosiologi, Antropologi, Sejarah Nasional, Penjas, Ekonomi, Kimia, Geografi, dan PPKN. Dari pelajaran umum itulah seluruh guru mata pelajaran umum telah mengimplementasikan metode insersi dalam proses belajar mengajarnya. Oleh karena itu, pembahasan skripsi ini adalah tentang implementasi metode insersi oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai Islami dalam pelajaran umum agar dapat mengembangkan lingkungan yang Islami dan usaha yang dilakukan oleh para guru bidang studi umum agar anak didik bisa menerapkan dan mengembangkan tata tertib yang bisa membentuk pada suasana Islami sehingga anak didik bisa membiasakan amalan keagamaan yang praktis dalam kehidupan sehari-hari. Apabila ada alternatif lain yang mungkin lebih baik untuk disampaikan dalam penulisan skripsi ini, maka hal tersebut dapat dijadikan masukan atau tambahan agar hasil dari penelitian ini bisa lebih dikembangkan dan ditelaah secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Insersi yaitu menyisipkan nilai-nilai Islami dalam mata pelajaran umum | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 15:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 15:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46503 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |