Hadiatullah, Fuad (2010) Peran guru dalam pendidikan anti Narkoba di SD Negeri Dinoyo IV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140089.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (864kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Usia sekolah dasar merupakan usia yang sangat berperan penting bagi pertumbuhan moral, sikap dan pengetahuan serta sosial untuk kehidupan pada masa yang akan dihadapinya mendatang. Di usia ini peserta didik masih banyak melakukan peniruan-peniruan dari tingkah laku orang yang usianya sudah di atasnya. Jika peserta didik memperoleh hal-hal yang kurang baik maka ia akan menirunya dan juga akan berpengaruh buruk bagi kehidupan yang mendatang, karena hal ini akan terus ia bawa sampai akhir hayatnya. Narkoba adalah salah satu dari beberapa hal yang dapat mempengaruhi dan dapat merusak moral generasi muda penerus bangsa. Pencegahan penyalahgunaan narkoba dapat dilakukan sejak dini yaitu dengan mensosialisasikan narkoba dan bahayanya kepada peserta didik lewat alat peraga maupun ceramah dan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di sekolah.
Tujuan dilakukan penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam pendidikan anti narkoba, bagaiman cara guru memasukkan pendidikan anti narkoba pada kurikulum sekolah dan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik mengetahui tentang narkoba dan bahayanya. Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan dapat menjadi salah satu gambaran bagi pendidik dalam meningkatkan usaha pencegahan penyalahgunaan narkoba sejak dini atau sejak usia sekolah dasar.
Dalam merealisasikan tujuan tersebut di atas, maka digunakan dua pendekatan yaitu pendekatan teoritis yaitu dengan melakukan studi kepustakaan yang ada kaitannya dengan judul skripsi ini dengan menggunakan metode deduktif induktif. Dan menggunakan pendekatan empiris yang bertujuan untuk mengetahui secara langsung gambaran objek penelitian yang dilakukan dengan mencari, mengamati dan mengolah data yang diperoleh dari hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Dinoyo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SD Negeri dinoyo IV sudah menerapkan Pendidikan Anti Narkoba, yaitu dengan memasang poster-poster dan memberikan arahan kepada peserta didik tentang narkoba dan bahayanya. Tetapi untuk Pendidikan Anti Narkoba belum dimasukkan dalam kurikulum sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar penerapan pendidikan anti narkoba di sekolah lebih di tingkatkan lagi, agar peserta didik lebih mengerti tentang narkoba dan bahayanya agar siswa tidak mencobannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | guru; pendidikan anti narkoba | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 13 Feb 2023 14:17 | ||||||
Last Modified: | 13 Feb 2023 14:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46496 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |