Setiyawati, Endang (2013) Implementasi Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi dalam Menumbuhkan Empati antar Siswa Kelas X-7 Di SMAN 1 Porong - Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130032.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Abstract
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok. Sementara empati adalah kemampuan seseorang untuk memahami perasaan orang lain atau bentuk lain dari kepedulian seseorang terhadap orang lain dengan mewujudkannya dalam suatu bentuk perbuatan. Sosiologi dapat membentuk pribadi peserta didik untuk menjadi pribadi yang bermoral. Sehingga ketika peserta didik telah menjadi pribadi yang bermoral maka peserta didik memiliki empati yang baik. Karena perilaku empati adalah dasar dari semua moralitas.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku empati siswa kelas X-7 beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, membuktikan pelajaran sosiologi dapat digunakan sebagai usaha untuk meningkatkan empati siswa kelas X-7, dan membuktikan implementasi mata pelajaran sosiologi terhadap empati siswa kelas X-7.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk menguji keabsaan data penelitian ini menggunakan kriteria kredibilitas. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif yaitu melalui tahap penyajian data, analisis data setiap meninggalkan lapangan, penyederhanaan data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa dari 17 subjek penelitian ditemukan hampir semua subjek penelitian memiliki karakteristik empati kecuali IMQ, SZ, GPS, RA, dan MIU tidak memiliki karakteristik empati peka terhadap perasaan siswa lain. Hasil penelitian yang kedua menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi empati siswa kelas X-7 meliputi pola asuh keluarga, lingkungan dan tempat tinggal, sifat, peran guru, dan jenis kelamin. Hasil penelitian yang ketiga menunjukkan beberapa upaya yang dilakukan oleh guru sosiologi dalam menumbuhkan perilaku empati siswa meliputu penggunaan media video, metode pemberian permasalahan, dan metode teater groups, melalui keteladanan guru, cerita yang berkaitan dengan empati, serta penggunaan teguran melalui ungkapan verbal. Hasil penelitian yang keempat menunjukkan adanya implementasi mata pelajaran sosiologi terhadap penumbuhan perilaku empati siswa.
Sociology is the study of relationships between people in groups. While empathy is the ability to understand the feelings of others or other forms of care a person against another person by forming personal private learners to become moral standing. So that when students have a moral person, then students have a good empathy.
The purpose of this study was to determine the behavior of empathy of class X-7 and the factors that influence, proving sociology lesson can be used as an attempt to increase empathy class X-7, and prove the implementation of sociology subjects againts empathy of class X-7.
The method used in this study is using a qualitative approach. To examine validity of the research data using criteria of credibility. Model of data analysis used is descriptive analysis model through the phase of data presentation, data analysis every left field, simplification of the data, draw conclusions.
The first results of the study showed that from the 17 subjects were found 10 subjects which have three characteristics of empathy, which includes IMQ, SZ, GPS, RA, dan MIU, while there are others which have two of empathy characteristics even which have one characteristic empathy. Results of which second study showed that the factors affecting of empathy class X-7 includes family upbringing, environment and living quarters, the nature, the role of teachers, and gender. The third study results show some efforts made by the teacher of sociology in growing student empathy behavior include the use of video media, methods of giving problems, and methods of theater groups, through exemplary teacher, a story related to empathy, as well as the use of reprimands through verbal expression. The fourth results showed that there is implementation sociology subjects toward student empathy growth.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penumbuhan Empati; Sosiologi. Growth of Empathy Behavior; Sociology. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 13:42 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 13:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46490 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |