Syafi'atin, Anis (2010) Penggunaan Strategi Contextual Teaching Learning (CTL) dengan pendekatan Inquiry dalam meningkatkan Prestasi belajar IPA Siswa Kelas V MI Al-Hikmah Sumberrejo Gedangan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140086.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran IPA dengan metode ceramah dan demonstrasi menjadikan siswa sebagai subyek belajar yang pasif karena hanya melihat, mendengar dan mencatat, karena itu nilai yang dicapai siswa masih dibawah kriteria yang ditetapkan di KTSP, maka dalam penelitian ini mencoba menggunakan strategi contextual teaching learning (CTL) dengan pendekatan inquiry untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan strategi contextual teaching learning (CTL) dengan pendekatan inquiry dalam pembelajaran IPA memungkinkan siswa dapat memiliki konsep-konsep (daya serap) mengenai bahan atau materi pokok bahasan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas V Mi Al-Hikmah Sumberrejo yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan standar ketuntasan belajar berdasarkan KTSP yaitu 75% untuk ketuntasan individu dan 80% untuk ketuntasan kelas.
Dari penelitian ini dapat dikemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan strategi contextual teaching learning dengan pendekatan inquiry menjadi efektif dengan lebih banyak memberikan bimbingan pada siswa. Kemampuan guru mengajar sudah sesuai dengan RPP ini dilihat dari nilai akhir yang diperoleh dari siklus I dan II yaitu 87% dan 95%. Kemampuan siswa terhadap pembelajaran IPA menggunakan strategi contextual teaching learning dengan pendekatan inquiry dari siklus I dan II menunjukkan hasil yaitu untuk merumuskan masalah dari nilai B menjadi nilai A, merumuskan hipotesis dari nilai C menjadi nilai B, mengumpulkan bukti dari nilai B menjadi nilai A, menguji hipotesis dari nilai B menjadi nilai A, dan menyimpulkan dari nilai B menjadi nilai A. Untuk ketuntasan kelas secara keseluruhan pada kemampuan siswa terhadap metode inkuiri dari siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu dari perolehan nilai B menjadi nilai A.
Prestasi belajar siswa pada pokok bahasan magnet dengan penggunaan strategi contextual teaching learning dengan pendekatan inquiry menunjukkan ada peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebelum menggunakan strategi contextual teaching learning dengan pendekatan inquiry 14 siswa yang belum tuntas dan hanya 1 siswa yang tuntas. kemudian setelah menggunakan strategi contextual teaching learning dengan pendekatan inquiry nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 76,6. 7 siswa telah mencapai ketuntasan individu dan 8 siswa belum mencapai ketuntasan. Dari siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu prestasi belajar dari 15 siswa diperoleh hasil 14 siswa mencapai ketuntasan individu dan 1 siswa belum mencapai ketuntasan individu, namun untuk ketuntasan kelas sudah mendapatkan nilai rata-rata yang diperoleh 80,6.
Saran dari adanya penelitian ini adalah guru dapat menggunakan strategi contextual teaching learning dengan pendekatan inquiry pada saat pembelajaran dengan cara memberikan bimbingan pada siswa, dan menggunakan strategi contextual teaching learning dengan pendekatan inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Contextual; Pendekatan Inquiri; Prestasi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46471 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |