Aliyah, Nur Lailatul (2013) Penerapan model pembelajaran Inquiri untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 3 MAN Model Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130031-full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Abstract
Dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru dari pada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan atau sikap yang mereka butuhkan. Keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran mencakup perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kerjasamanya dengan teman sekelas dalam mengikuti kegiatan, kemampuan siswa mengemukakan pendapat, memberi kesempatan berpendapat kepada teman, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, memberi gagasan yang cemerlang dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan senang dan semangat.
Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana perencanaan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Siswa kelas XI IPS-3 MAN Model Bangkalan pada pelajaran Sosiologi? Bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Sosiologi siswa kelas XI IPS-3 MAN Model Bangkalan?bagaimana hasil dari penerapan model pembelajaran Inquiri untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS-3 MAN Model Bangkalan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya penelitian PTK (penelitian tindakan kelas), dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang permasalahan dalam suatu kelas. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Sosiologi melalui model pembelajaran inquiri siswa kelas XI 3 MAN MODEL Bangkalan.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan dalam 3 siklus dalam enam kali pertemuan kegiatan pelaksanaan penelitian tindakan kelas diperoleh data bahwa keaktifan dan prestasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami kenaikan. Pada siklus I pertemuan pertama prosentase keaktifan dan prestasi siswa adalah 77,4%, sedangkan pada pertemuan ke dua menjadi 83,4 %, dan pada siklus II pertemuan pertama menjadi 87,2% sedangkan pada pertemuan ke empat menjadi 90,8%. Pada siklus III pertemuan pertama prosentase keaktifan dan prestasi belajar siswa mencapai 95,1%, sedangkan pada pertemuan kedua menjadi 96,6%.
Learning process is process interaction between teacher and student, but in case we often meet that involvment of students minimally. Dominance teacher more than students. It caused students become passive in learning and teaching process with the result that students were stay away waiting for teacher’s expalanation than find knowledge by their experience by themselves. Student activity in learning process covered attention in teacher’s explanation, collaboratory with their friends, propose their opinion, listen to friend’s opinion, giving sparkling idea or concept, and follow learning process energic and enthusiasm.
On the strength of this problem so researcher formulate the problem of this research are : (1) how to make a good planning or strategy learning inquiry model to apply for student MAN Model Bangkalan XI IPS 3 Class. (2) how to realize learning inqury model for Socioloogy subject. (3) how is the result of application learning inquiry model to increase activity and learning performance.
This research using qualitative descriptive approach with classroom action research design. This research aim to giving the image of classroom problem in education, beside that this research aim to increase activity and learning performance in sociology subject by using learning inqiry model for student MAN Model Bangkalan XI IPS 3 class. Collecting date in this research by using observation, interview and documentation.
To know raising result in study by using interactive learning media as Autoplay, researcher was doing reseach by using pre test and post test for students XI IPS 3 Class. This research include in three cycles with six meeting. Research process can show activity and learning performance that is raising. First cycle and first meeting show the precentage of 77,4% become 83,4%. Second cycle from first meeting and second meeting are 87,2% to 90,8%. And third cycle activity and learning performance raising from 95,1% become 96,6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelejaran; Inquiri; Keaktifan dan Prestasi Belajar; inquiry learning model; inquiry; activity and learning performance. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46469 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |