Hidayah, Nurul (2010) Peningkatan Prestasi belajar Matematika melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siswa Kelas IV SDN Madyopuro I di Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140085.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendekatan CTL adalah, yang mana siswa dituntut untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Penulis menggunakan pendekatan CTL dalam penelitian ini karena materi-materi matematika membahas tentang hubungan manusia dengan alam dan segala keanekaragamannya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pendekatan CTL ini dirasa dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan poreses peningkatan prestasi belajar matematika melalui pendekatan CTL (contextual teaching end learning) pada kelas IV SDN Madyopuro I di Malang. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan CTL (contextual teaching end learning) dapat meningkatkan prestasi belajar pada kelas IV SDN Madyopuro I di Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran matematika kelas IV SDN Madyopuro I dan semua siswa kelas IV SDN Madyopuro I Malang. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL (Contextal Teaching And Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengembangkan keterampilan proses untuk siswa. Hal ini bisa dilihat selama menjalankan kegiatan, yang meliputi merumuskan masalah, mengamati atau melakukan observasi, mengumpulkan bukti, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan. Dan dapat terbukti dari nilai hasil evaluasi menunjukan adanyah peningkatan prestasi, dari pre tes ke siklus satu pertemuan pertama 21,27%. Dari siklus satu pertemuan satu kepertemuan dua naik 29,8%. Dari siklus satu pertemuan dua kesiklus dua pertemuan satu naik 2,14%. Dari siklus dua pertemuan satu kepertemuan dua naik 10,64%. Sehinga dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan CTL siswa dapat lulus 100% padahal sebelum tindakan yang lulus hanyak 40,43%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | CTL; Contextal Teaching And Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46466 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |