Lestari, Puji (2010) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VII E pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMPN 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130066.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Di SMPN 4 Malang ini pelaksanaan pembelajaran ekonomi masih secara konvensional dan menggunakan metode yang monoton yaitu metode ceramah dan Tanya jawab. Hal ini menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan berpengaruh juga pada prestasi siswa yang masih rendah. menyikapi hal tersebut untuk meningkatkan prestasi siswa PAIKEM sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif , efisien dan menyenangkan dengan menggunakan metode STAD dan everyone is teacher here dapat meningkat prestasi siswa kelas VII E pada mata pelajaran ekonomi.
Beranjak dari permasalahan diatas, maka rumusan masalah yang peneliti ambil adalah: 1)Bagaimana proses perencanaan pembelajaran model strategi PAIKEM dengan menggunakan metode STAD (Student team achievement development) dan Everyone is teacher here dalam meningkatkan prestasi siswa dikelas VII E pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 4 Malang?, 2).Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran model strategi PAIKEM dengan menggunakan metode STAD (Student team achievement development) dan Everyone is teacher here dalam meningkatkan prestasi siswa dikelas VII E pada mata pelajaran ekonomi di SMPN 4 Malang?, 3).Bagaimana proses dan hasil penilaian pembelajaran model strategi PAIKEM dengan menggunakan metode STAD (Student team achievement development) dan Everyone is teacher here dalam meningkatkan prestasi siswa dikelas VII E pada mata pelajaran ekonomi di SMPN
4 Malang?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class room action research) dengan jenis kolaboratif partisipatoris, menggunakan model yang dikembangkan kurt lewin. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian tersebut adalah Penilaian proses menunjukkan bahwa siswa senang mengikuti pelajaran ekonomi dan secara kuantitatif ditunjukkan dengan hasil tes siswa pada pre test prestasi siswa rata-rata kelas 70,1 setelah diadakan tindakan siklus I rata-rata kelas 78,9 mengalami kenaikan 12,5%, kemudian pada siklus II prestasi siswa rata-rata kelas 90,8 mengalami kenaikan 25,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi PAIKEM; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46461 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |