Muktadin, Khoirul (2008) Pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam membentuk tingkah laku siswa di MTs Negeri Malang III Sepanjang Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
04110169.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (693kB) |
Abstract
Sekolah merupakan wadah bagi anak untuk belajar memperoleh pengetahuan dan mengembangkan berbagai kemampuan dan ketrampilan. Oleh karena itu, pendidikan di sekolah adalah usaha sadar yang mempunyai tujuan untuk mengubah tingkah laku anak didik.
Pendidikan agama Islam adalah Pelaksanaan sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani ajaran agama Islam dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungan dengan kerukunan antar umat beragama, hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Secara ideal pendidikan Islam itu berurusan meningkatkan manusia untuk mencapai keseimbangan pribadi secara menyeluruh agar mampu mengaktualisasikan diri dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai kholifah fil ardi dan keberadaannya sebagai hamba Allah
Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam membentuk tingkah laku siswa di MTsN Malang III Sepanjang Gondanglegi, Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk tingkah laku siswa di MTsN Malang III Sepanjang Gondanglegi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimanakah pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam membentuk tingkah laku siswa di MTsN Malang III Sepanjang Gondanglegi, Untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk tingkah laku siswa di MTsN Malang III Sepanjang Gondanglegi.
Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian diskriptif kualitatif, dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitalif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau prilaku yang diamati.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingkah laku siswa di MTs Negeri Malang III sangatlah baik karena adanya pendidikan dan pembinaan yang diberikan di lingkunggan sekolah dapat terlaksana dengan maksimal dan di dukung oleh fasilitas yang memadai di sekolah. Sehingga siswa dapat menggunakan fasilitas dengan semaksimal mungkin dan terkoodinir dari guru pembina, serta pemberian reward kepada siswa yang berprestasi di lingkungan sekolah. Sehingga memotivasi bagi siswa yang lain untuk berbuat lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pelaksanaan; Kegiatan Keagamaan; Tingkah Laku Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2016 12:13 | ||||||
Last Modified: | 27 Aug 2016 12:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4646 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |