Na'ma'i, Muhammad Wajid (2010) Penerapan Pengajaran Remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMA Negeri 1 Kec. Kertosono Kab. Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130065.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebagai kegiatan yang berproses, belajar merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis pendidikan. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan keluarganya. Sehingga pencapaian mutu pendidikan dalam kemampuan sistem pendidikan baik dari segi pengelolaan maupun proses pendidikan dapat diarahkan secara efektif. Bedasarkan hal tersebut dapat dirumuskan bagaimana kondisi belajar dan kesulitan apa saja yang dialami siswa di SMA Negeri 1 Kertosono, faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan usaha-usaha apa yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 1 Kertosono.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pengajaran remedial sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 1 Kertosono.Pengajaran remedial ini adalah pengajaran yang bersifat menyembuhkan keseluruhan dari hasil belajar siswa.Dengan berbagai metode yang digunakan akan menghasilkan hasil lebih baik dari sebelumnya.
Penelitian ini menggunakan paradigma deskriptif-kualitatif dengan perspektif fenomenologis. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini, analisis datanya menggunakan analisis kualitatif deskriptif yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kondisi Belajar di SMA Negeri 1 Kertosono berjalan lancar, sesuai dengan program yang direncanakan yang meliputi kegiatan pra-instruksional dan kegiatan instruksional (tujuan, materi, metode, evaluasi). Meskipun kondisi belajar di SMA Negeri 1
Kertosono berjalan lancar, namun sebagian siswa ada yang mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di SMA Negeri 1 Kertosono terdiri dari gangguan alat indera, ketidak mampuan dalam belajar, rendahnya tingkat intelegensi atau kecerdasan dan minat, serta latar belakang fisik dan sosial. Selain itu disebabkan oleh dasar pembawaan siswa (intelegensi), latar belakang siswa (lingkungan keluarga), kurang adanya dorongan dan bimbingan dari orang tua. Berbagai upaya dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, diantaranya mengidentifikasi kesulitan belajar siswa.,kemudian diberikan bimbingan belajar dan program remedial teaching melalui pemberian tugas rumah setiap selesai belajar di sekolah,tutor sebaya,pengajaran individual maupun kelompok,yang semuanya itu akan mengatasi hasil belajar siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Pengajaran Remedial; Kesulitan Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46459 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |