Dardiri, Moch. Fadelan (2010) Implementasi Discovery Approach melalui Metode Eksperimen dalam meningkatkan Motivasi belajar IPA Kelas VA MI Miftahul Huda Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140077.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (886kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Sains kususnya dalam dunia pendidikan diarahkan agar siswa dapat menemukan sendiri, ia harus melakukan proses mental seperti mengamati, klasifikasi, mengukur, meramalkan, dan menyimpulkan, sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran sains siswa diajak interaksi langsung dengan alam sekitar, mengaitkan dengan kejadian alam, dan hal ini sangat menarik bagi mereka karena bereksperimen. Melihat masa mereka adalah masa-masa penasaran (penuh pertanyaan), (butuh jawaban) dan selalu ingin mengetahui hal-hal baru. Namun ternyata tidak semua guru memperhatikan proses mengajarnya, kebanyakan dari mereka hanya mengajar, mentransfer ilmu kepada siswa, tentang semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran jadi kurang diperhatikan, hal ini juga akan berpengaruh pada hasil nilai belajar siswa menjadi kurang maksimal.
Berdasarkan dari permasalahan-permasalahan tersebut maka peneliti ingin meneliti apakah dengan implementasi discovery approach melalui metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VA MI Miftahul Huda Jabung Malang, kususnya maateri tentang perubahan sifat benda. Pendekatan discovery adalah proses mental dimana siswa mampu mengasimilasikan suatu konsep atau prinsip. Yang dimaksudkan dengan proses mental tersebut antara lain ialah: mengamati, mencerna, mengerti, menggolong- golongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan dan sebagainya. Dalam pendekatan atau metode ini siswa dibiarkan menemukan sendiri atau mengalami proses mental itu sendiri, guru hanya membimbing dan memberikan intruksi. Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dengan menggunakan percobaan. Dalam proses belajar mengajar dengan metode eksperimen ini siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri sehingga pendekatan discovery melaui metode eksperimen ini dirasa dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan proses implementasi discovery approach melalui metode eksperimen dalam meningkatkan motivasi belajar IPA kelas VA MI Miftahul Huda Jabung Malang. (2) Untuk mengetahui apakah implementasi discovery approach melalui metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada kelas VA MI Miftahul Huda Jabung Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran IPA MI Miftahul Huda Jabung Malang dan semua siswa kelas VA MI Miftahul Huda Jabung Malang. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasannya implementasi discovery approach melalui metode eksperimen dalam meningkatkan motivasi belajar IPA kelas VA MI Miftahul Huda Jabung Malang benar-benar dapat meningkatkan motivasi belajar IPA kususnya perubahan sifat benda. Hal ini dapat dilihat dari perubahan-perubahan peningkatan baik dari segi tingkahlaku siswa, keaktifan siswa, antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar ataupun peningkatan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Discovery approach melalui metode eksperimen | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46458 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |