Utari, Aini Putri (2010) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS di MA Almaarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130062.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam penyelenggaraan pendidikan guru adalah salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut, oleh sebab itu guru harus memiliki kompetensi untuk mengorganisasikan ide-ide yang dikembangkan dikalangan peserta didiknya, baik itu kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan pribadi, sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Malang, untuk menjelaskan ada
tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Malang, serta untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS MA Almaarif Singosari Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanotory (penelitian menjelaskan) yaitu penelitian menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Dalam penelitian ini instrumen utama yang digunakan adalah angket untuk mengukur kompetensi pedagogik guru dan
motivasi belajar siswa yang dipersepsikan oleh siswa dan dokumentasi untuk mengungkap prestasi belajar siswa. Adapun data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya:(1) Ada pengaruh yang positif signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Almaarif, ditunjukkan dengan nilai t hitung=15.807 > t tabel=2.000 dengan alpha 0.05 maka Ho ditolak koefisien korelasi=0,897. (2) Ada pengaruh yang positif signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Almaarif, ditunjukkan dengan nilai t hitung= 5.463 > t tabel=2.000 dengan alpha
0.05 maka Ho ditolak koefisien korelasi:0.573. (3) Ada pengaruh yang positif
signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MA Almaarif, ditunjukkan dengan nilai= r 0,983 dan r square= 0,967 dari hasil penelitian ini diharapkan bagi semua pihak yang terkait dapat menjadikannya sebagai masukan dan sumber-sumber informasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
ABSTRACT
In teacher education is one factor that determines the success of the learning process. Therefore, teachers must have the competence to manage the ideas that developed among the student participants, both professional competence, pedagogical, social, and personal. So that the indicators of educational achievement by improving student achievement.
The purpose of this research is to explain the lack of pedagogical competence of teachers influence student achievement of economic subjects in class XI IPS MA Almaarif Singosari Malang, to explain the presence or absence of motivation to study the effect of student achievement of economic subjects in class XI IPS MA Almaarif Singosari Malang, and to explain whether there is influence of teachers' pedagogical competence and motivation toward academic achievement of economic subjects in class XI IPS MA Almaarif Singosari Malang.
The research approach used in this research is quantitative research approach with explanotory (explaining the research) is research to explain the causal relationship between the variables of the study by testing the hypothesis that was formulated earlier. In this study, the main instrument used was a questionnaire to measure teachers pedagogical competence and motivation of student learning in documentation prepared by the students and to expose students' achievement. The data used is multiple linear regression analysis.
The results obtained that: (1). There was a significant positive effect between pedagogical competence of teachers on student achievement MA Almaarif class XI IPS, indicated by the value t count = table 15 807> t in 2000 to 0. Then Ho is rejected
05 = 0897 the correlation coefficient. (2). There was a significant positive effect between learning motivation toward learning achievement class XI IPS MA. Almaarif, indicated by the value t count = 5463> t table = 2000 with = 0:05 then Ho is rejected, the correlation coefficient: 0573. (3). There was a significant positive effect between the potential and motivation of teachers' pedagogical learning achievement of students of class XI IPS Almaarif MA, indicated by the value of r =
0983 and R square = 0967 from the results of this study is expected for all parties involved in the making as the input and information resource useful in order to improve the quality of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Pedagogical Competence of Teachers; Motivation; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46453 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |