Nurdiana, Efi (2010) Penerapan Model Cooperative learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas VII di SMP Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah sangat penting dalam kehidupan bangsa dan negara, karena maju mundurnya suatu bangsa dan negara di tentukan oleh pendidikan. Perwujudan masyarakat yang berkualitas diperlukan pendidikan yang berkualitas. Dalam keberhasilan pendidikan banyak dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Salah satu faktor yang sangat mendukung keberhasilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menguasai dan menerapkan metode pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses belajar mengajar perlu diimbangi dengan pendekatan yang berbasis kerja sama, Cooperative learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan aktivitas kolaboratif siswa dalam belajar yang berbentuk kelompok kecil, mempelajari materi pelajaran dan memecahkan masalah secara kolektif.
Tujuan utama dalam penerapan cooperative learning adalah agar peserta didik dapat belajar secara berkelompok bersama teman-temannya dengan cara saling menghargai pendapat dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengemukakan gagasanya dengan menyampaikan pendapat mereka secara berkelompok. Dengan cooperative learning ini diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Terutama pada mata pelajaran ekonomi. Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian sikap-sikap apresiasi dan keterampialan. Untuk itu mata pelajaran ekonomi ini memiliki tujuan yaitu untuk membekali peserta didik dengan sejumlah konsep ekonomi dalam mengetahui masalah yang berkaitan dengan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan rumah tangga (keluarga) dan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah salah satu strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dengan mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai hasil penelitian yang dilakukan.
Berdasarkan hasil catatan peneliti selama penerapan model cooperative
learning pada siklus II menjadi lebih baik dari siklus I. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan siklus II ini hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian hasil belajar pada siklus I hanya 12,8 % sedangkan pada siklus II mencapai 34,5%. Selain itu, penerapan model cooperative learning ini juga dapat mempererat hubungan kerja sama antar siswa.
ABSTRACT
Education is very important in the life of the nation and state, because the decline in the nation and developed countries is determined by education. Embodiment of a quality community needed a quality education. In the educational success is strongly influenced by the success of teaching and learning activities. One factor that strongly supports the success of teachers in implementing the learning process is the ability of teachers to master and apply the learning method. Therefore, in the teaching and learning needs to be balanced with cooperation-based approach, cooperative learning is one model that emphasizes the collaborative activities of students in small groups, learning the subject matter and solve problems collectively.
The main objective in the implementation of cooperative learning is that
learners can learn in groups with their friends by way of opinion and respect each other provide the opportunity for others to express their opinions by sending idea in the group. With cooperative learning expected student learning outcomes can be improved. Mainly on economic subjects. Learning outcome is a pattern of behavior, values, understanding and appreciation skill attitude. For that economic subjects which have the purpose is to equip learners with a number of economic concepts to identify problems relating to economics in everyday life, especially those that occur in the household (family) and society.
This research is a class action (Class Action Research). classroom action research is one of problem-solving strategies that utilize real action and its ability to detect and solve problems. The research approach used in this study is a qualitative naturalistic approach. This study aimed to obtain information about the current situation, by describing the information because based on the results of research undertaken.
Based on the results of research notes for the implementation of cooperative learning model on the second cycle of the cycle better than I. The results showed that the implementation of this second cycle student learning outcomes have improved, this can be seen from the percentage of success for learning outcomes in the first cycle, while only 12.8% in cycle II reached 34.5%. In addition, the implementation of cooperative learning model can also strengthen the cooperative relationship among its students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Cooperative Learning; Hasil Belajar Ekonomi Cooperative Learning; Outcomes of Economic | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46448 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |