Sasmita, Yusnia (2010) Penerapan strategi Team Teaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VIII B pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Al- Ma’arif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130059.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (468kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah suatu proses pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Melalui pendidikan manusia dapat belajar menghadapi problematika yang ada di alam semesta demi mempertahankan kehidupannya. Kebutuhan manusia akan pendidikan merupakan suatu yang sangat mutlak dalam hidup ini, dan manusia tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pendidikan. Pendidikan secara alami merupakan kebutuhan hidup manusia, upaya melestarikan kehidupan manusia dan telah berlangsung sepanjang peradaban manusia itu ada.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu aspek di dalam pembangunan pendidikan Indonesia dewasa ini. Salah satu pemecahan masalah guna peningkatan kualitas pendidikan adalah melalui penelitian pendidikan. Sayangnya sampai saat ini hasil temuan penelitian jarang dapat dimanfaatkan oleh guru. Tidak termanfaatkannya temuan penelitian tersebut dapat disebabkan oleh temuan tersebut kurang praktis dan guru sendiri kurang mampu mengoperasionalkan serta mewujudkannya. 0leh karena itu guru harus senantiasa belajar dan teliti dalam menghadapi persoalan yang ada. Guru dituntut untuk senantiasa meneliti persoalan yang dialami oleh peserta didiknya. Dalam hal ini salah satunya melalui penelitian tindakan kelas. Pemanfaatan hasil penelitian untuk perbaikan kualitas pendidikan praktis dilakukan dengan pendekatan ”. Penerapan Strategi Team Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas VIII B Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Mts Al- Ma’arif 01
Singosari Malang
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan PTK dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Team Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas VIII B Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Mts Al- Ma’arif 01 Singosari sudah berjalan baik, meskipun masih ada kekurangan-kekurangan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam strategi pembelajaran yang digunakan oleh peneliti berdasarkan materi yang akan disampaikan, sehingga mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Adapun hasil yang dapat dicapai dalam penelitian ini (1) pertemuan pertama peneliti melakukan tanya jawab untuk mengetahui tingkat pemehaman siswa, (2) peneliti mengadakan pre test untuk mengetahui kemampuan siswa pada pemahaman materi, (3) pertemuan kedua siswa masih belum terbiasa pada model pembelajaran berkelompok dan disertai dengan presentasi (4) pemberian tugas oleh kedua peneliti tentang model pembelajaran dengan berkelompok benar-benar memanfaatkan waktu siswa dengan baik, (5) pembelajaran dengan dua orang guru ternyata dapat memberikan pengetahuan yang bervariasi baik terhadap guru maupun siswa, (6) mempresentasikan hasil diskusi dapat melatih keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat di depan banyak orang, (7) penerapan strategi team teaching dengan model belajar kelompok, diskusi, dan presentasi terbukti dapat meningkatkan keaktifan, kreativatas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Pada pertemua ketiga pelaksanaan tindakan yang menunjukkan bahwa (1) siswa sudah mulai terlahat terbiasa dalam model belajar kelompok, diskusi, dan presentasi dengan strategi team teaching, (2) siswa dapat mengerjakan soai post test tanpa mendapat kesulitan, (3) penerapan model belajar kelompok, diskusi, dan presentasi dengan strategi team teaching terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dengan adanya strategi pembelajaran yang bervariasi yang dilakukan oleh peneliti, maka proses belajar mengajar akan kondusif dan siswa akan lebih mempunyai gairah untuk aktif belajar IPS Terpadu. Peran, tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh peneliti sebagai sebuah penelitian sudah terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Team Teaching; Prestasi Belajar IPS Terpadu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:23 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 15:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46446 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |