Rahayu, Puji (2010) Pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X di SMA Widya Dharma Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06130058.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (748kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sekolah sebagai institusi pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk mempersiapkan anak didik menghadapi kehidupan masa depan dengan cara mengembangkan potensi yang dimilikinya. Usaha tersebut akan menjadi optimal jika sekolah sebagai pusat belajar formal bagi peserta didik, dapat mengembangkan proses belajar mengajar dengan baik beserta seluruh aspek yang mempengaruhinya seperti sarana dan prasarana, situasi yang kondusif dan faktor- faktor lainnya, termasuk penyusunan rencana-rencana pembelajaran. Berhasil tidaknya seorang siswa dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar atau yang sering kita kenal dengan prestasi belajar. Banyak faktor yang menyebabkan tercapainya suatu prestasi belajar yang baik di dalam proses belajar mengajar diantaranya adalah lingkungan belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan paparan tersebut maka masalah yang timbul adalah apakah ada pengaruh antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Widya Dharma Turen. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Widya Dharma Turen.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket, hasil observasi dan dokumentasi yaitu berupa arsip nilai raport mata pelajaran ekonomi siswa kelas X semester I. Pengujian instrument menggunakan uji validitas reliabelitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan regesi linier berganda, determinasi, uji t dan uji F. Popolasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 179 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 37,995 + 0,445 x1 + 0,269 x2. Sehingga dapat diartikan bahwa besarnya pengaruh variabel lingkungan belajar (x1) sebesar 44,5% dan pengaruh variabel motivasi belajar (x2) sebesar 26,9%. Dari perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa pengaruh motivasi belajar lebih besar dari pada lingkungan belajar. Kemudian dari perhitungan determinasi diperoleh R square atau koefisien determinasi sebesar 0,198 artinya bahwa prestasi belajar dapat dijelaskan oleh lingkungan belajar dan motivasi belajar sebesar 19,8 % dan sisanya sebesar 80,2 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar persamaan.
Hipotesis penelitian dianalisis dengan menggunkan uji t dan uji F. Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang diperoleh dari uji t untuk variabel x1 menunjukkan bahwa thitung > dari ttabel (2,041 > 1,996) dengan signifikansi 0,045 (α = 0,05). Sehingga terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha. Maka dapat disimpulkan bahwasannya ada pengaruh antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Widya Dharma. Sedangkan pada variabel x2 menunjukkan bahwa thitung > dari ttabel (2,963 > 1,996) dengan signifikan 0,004 (α = 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwasannya ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Widya Dharma. Kemudian untuk uji F diperoleh hasil Fhitung > dari Ftabel (8,513 > 3,986) dengan signifikansi 0,000 (α = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi sisiwa kelas X SMA Widya Dharma Turen.
ABSTRACT
School as an educational institution aims to prepare students to face the future by developing their potential. Efforts would be optimal if the formal school as a learning center for students, can develop better teaching and learning process and all aspects that influence it, such as facilities and infrastructure, a conducive situation and other factors, including the preparation of learning plans. The success or failure of students in learning activities can be seen from the result of learning or what we often familiar with academic achievement. Many factors lead to the achievement of better learning achievements in teaching and learning as the learning environment and learning motivation. Based on these exposures, the question that arises is whether there is influence between the learning environment and learning motivation toward academic achievement, especially on economic subjects at high school students of class X Widya Dharma Turen. So the purpose of this study was to determine the influence that exists between the learning environment and learning motivation toward academic achievement of economic subjects at high school students of class X Widya Dharma Turen.
This research is a type of quantitative research. The instruments used are questionnaires, observation and documentation which formed the subject of the relationship of economic value class X archive semester I. Testing the validity of the instruments used and the assumptions of classical test reliability. Methods of data analysis using multiple linear regression, determination, t and F test population in this study were the students of class X which amounts to 179 pupils. Sampling using a purposive sampling with total sample of 72 students.
Based on research results using multiple linear regression analysis obtained the following equation: Y = 37.995 0.269 + 0.445 x1 + x2. So that probably means that the influence of environmental variables studied (x1) amounted to 44.5% and the effect of learning motivation (x2) equal to 26.9%. From this calculation can be seen that the influence of motivation to learn is greater than on the learning environment. Then obtained from the determination or calculation of the coefficient of determination R square of 0.198 means that academic achievement can be explained by the learning environment and learning motivation of 19.8% and the remaining 80.2% is explained by other variables outside the equation.
The research hypothesis was analyzed using t test and F test results based on the analysis of data obtained from the t test for variables x1 shows that the > t ttable (2.041> 1.996) with significance of 0.045 (α = 0.05). So that rejection and acceptance of Ho Ha. So we can conclude there between the learning environment influence the learning achievement of economic subjects in class X SMA Widya Dharma. While in the x2 variable showed that > t ttable (2.963> 1.996) with significant 0.004 (α = 0.05). So we can conclude there is influence between learning motivation towards the achievement of economic subjects in class X SMA Widya Dharma. Then for F test F value> from Ftable (8.513> 3.986) with significance of 0.000 (α = 0.05). Therefore we can conclude that there is influence between the learning environment and learning motivation toward academic achievement of economic subjects student class SMA Widya Dharma Turen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan; Motivasi; Prestasi Belajar Environmental; Achievement; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46442 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |