Usman, Guntur (2010) Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) sebagai upaya untuk meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN Malang 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140056.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (782kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan tugas bagi semua komponen yang ada di madrasah. Hal ini akan dapat dilaksanakan jika madrasah memiliki sikap dinamis, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan peningkatan mutu pendidikan. Dalam hal ini madrasah diberikan kepercayaan untuk mengatur dan mengurus dirinya sendiri sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan peserta didiknya. Meskipun demikian, agar mutu pendidikan tetap terjaga dan proses peningkatan mutu tetap terkontrol maka harus ada standar yang dijadikan sebagai acuan/pedoman sebagai indikator evaluasi keberhasilan peningkatan mutu tersebut. Pemikiran ini telah mendorong munculnya pendekatan baru, yakni pengelolaan peningkatan mutu pendidikan yang dikenal dengan manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah (MPMBM).
Kebijakan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) merupakan salah satu bentuk desentralisasi pendidikan yang dipilih dengan tujuan untuk memandirikan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan. Kebijakan ini diimplementasikan dengan menerapkan manajemen yang transparan dan dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan dengan pendidikan. Dalam implementasinya, kebijakan MPMBM memiliki strategi yang berbeda dimasing- masing madrasah sebab MPMBM menerapkan pendekatan “idiograpik” (membolehkan adanya keberbagaian cara pelaksanaannya). Berangkat dari latar belakang itulah kemudian penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN Malang 2.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi MPMBM dalam meningkatkan mutu pendidikan, untuk medeskripsikan strategi yang digunakan madrasah dalam implementasi MPMBM untuk meningkatkan mutu pendidikan, mendeskripsikan dampak MPMBM dengan prestasi belajar siswa, medeskripsikan dampak MPMBM dengan minat masyarakat, dan mendeskripsikan dampak MPMBM dengan kebanggaan guru terhadap MIN Malang 2.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata dan gambaran umum dilapangan. Sumber data yang peneliti gunakan adalah data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisi data, peneliti menggunakan analisis data diskriptif kualitatif. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah implementasi MPMBM sudah dilaksanakan dengan baik dengan melaksanakan langkah-langkah (1) Implementasi perencanaan (analisis situasi, merumuskan tujuan, analisis SWOT dan alternatif pemecahan masalah), (2) Peningkatan mutu pendidikan dengan menyusun dan melaksanakan program, (3) Implementasi monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan secara berkesinambungan. Strategi yang digunakan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan adalah dengan mengefektifkan peran komite madrasah dan merombak organisasi madrasah, pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), peningkatan keprofesionalan SDM (tenaga pendidik), pemenuhan sarana dan prasarana, pelaksanaan berbagai program pembelajaran. Dampak MPMBM terhadap prestasi siswa cukup baik dengan meningkatnya prestasi akademik dan non akademik. Sedangkan dampak MPMBM dengan minat masyarakat terhadap madrasah semakin meningkat hal ini disebabkan karena madrasah selalu mengikutsertakan komite dalam penyelenggaraan pendidikan, kinerja dari manajemen humas yang efektif di samping faktor gedung yang bagus, guru yang profesional dan pendidikan agama yang bermutu. Dan dampaknya bagi guru, dengan penerapan MPMBM, guru MIN Malang 2 merasa bangga terhadap madrasah. Hal ini lebih disebabkan karena: manajemen madrasah yang semakin baik, kerjasama madrasah dan komite yang kompak, prestasi siswa semakin meningkat dan madrasah semakin diminati masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Peningkatan Mutu; Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 11:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46441 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |